Huawei P50 Pro Segera Meluncur di Indonesia, Berikut Spesifikasinya

Huawei P50 Pro mengandalkan teknologi kamera dual-matrix untuk menarik minat konsumen di Indonesia.
Image title
2 Februari 2022, 21:26
Huawei, Huawei P50 Pro, smartphone
Huawei.com
Ilustrasi Huawei sudah mengenalkan sejumlah fitur dan spesifikasi andalan P50 Pro di situs resminya dan bersiap menjualnya secara resmi di Indonesia pada bulan ini.

Produsen ponsel pintar atau smartphone asal Cina, Huawei bersiap meluncurkan smartphone baru mereka Huawei P50 Pro di Indonesia bulan ini. Huawei mengandalkan kemampuan teknologi kamera dual-matrix pada P50 Pro untuk meraup pasar Indonesia.

Ponsel ini sebenarnya sudah meluncur di Cina pada Juli 2021. Huawei juga memperkenalkan Huawei P50 Pocket pada Desember 2021.

Di pasar Indonesia, Huawei berencana meluncurkan P50 Pro pada bulan ini. Huawei sudah mengenalkan sejumlah fitur dan spesifikasi andalan P50 Pro di situs resminya. Namun, belum ada keterangan resmi mengenai tanggal peluncuran ponsel andalan Huawei itu. 

Country Head of Huawei CBG Indonesia Patrick Ru mengatakan, Huawei akan mengandalkan kemampuan kameranya pada P50 Pro di pasar Indonesia. Huawei memang menyematkan teknologi dual-matrix pertama pada ponsel itu. 

Advertisement

Teknologi itu memungkinkan Huawei P50 Pro dapat menyatukan kemampuan beberapa lensa. Huawei menyematkan sejumlah lensa pada kamera belakang P50 Pro, yakni kamera true color 50 megapiksel (MP), kamera true color 40 MP, kamera sudut ultra lebar 13 MP, dan kamera super zoom 64 MP.

Adapun pada kamera depan, Huawei menyematkan lensa selfie 13 MP. Dengan pilihan lensa itu, pengguna bisa memanfaatkan piksel foto dengan bervariasi tergantung pada mode pemotretan.

Kamera juga terintegrasi dengan fitur super high image processing engine. "Ini memungkinkan Huawei P50 Pro dapat menghasilkan gambar lebih cerah, serta mampu membidik objek dengan lebih banyak cahaya masuk, sehingga menghasilkan foto yang lebih jernih," kata Ru dalam siaran pers, hari ini (2/2).

 Huawei juga mengandalkan Huawei XD Optics sebagai mesin yang menghasilkan gambar kualitas tinggi pada P50 Pro. Ada juga true-chroma image engine yang menciptakan solusi pencitraan gambar serbaguna dalam smartphone tipis. 

Huawei juga menerapkan konsep AI-Raw. Apabila shutter ditekan, sensor akan mengambil beberapa foto untuk pemrosesan fusi yang bersamaan. Tujuannya untuk meminimalisir hilangnya konversi sinyal elektrik penyebab foto kurang tajam.  

"Huawei P50 Pro jadinya memiliki skema warna khusus untuk fusi monokrom," kata Ru.

 Selain mengandalkan kamera, Huawei P50 Pro akan didukung cip (chipset) Snapdragon 888 versi 4G pertama di dunia. Qualcomm memperkenalkan cip ini akhir tahun lalu (1/12/2020).

SoC itu diklaim mendukung kinerja internet 5G, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), gaming rig, dan kamera berteknologi canggih.

Gawai ini turut dilengkapi layar OLED baru dengan kemampuan refresh rate 120 Hz. Kapasitas memorinya 128 Gigabyte (GB) hingga 256 GB.

Namun, ponsel ini menggunakan sistem operasi atau operating system (OS) Harmony OS 2. Ini karena Huawei mendapat sanksi dari Amerika Serikat (AS), sehingga tidak bisa menggunakan Android dari Google.

Di sisi lain, perkembangan Harmony OS sangat pesat. Sepekan sejak diluncurkan, OS tersebut digunakan di lebih dari 10 juta gadget. Dalam dua bulan, penggunanya mencapai 40 juta. 

Selama Agustus 2021, jumlah pengguna OS buatan Huawei itu bertambah sekitar 60 juta. “Harmony OS mencatatkan kemajuan peningkatan yang pesat,” demikian dikutip dari Gizchina, tahun lalu (24/8).

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait