IHSG Awal Pekan Diperkirakan Melemah, Simak Saham Pilihan Analis

Image title
9 Agustus 2021, 06:35
ihsg, saham, rekomendasi saham
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
IHSG pada perdagangan akhir pekan lalu, Jumat (6/8) melemah 0,03% dibandingkan hari sebelumnya ke level 6.203.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi bergerak di zona merah pada awal pekan ini, Senin (9/8) usai naik 2,19% sepanjang pekan lalu. 

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengatakan, indeks akan melemah hari ini melanjutkan koreksi pada perdagangan Jumat sebesar 0,03%. Berdasarkan analisisnya secara teknikal, area support ada di level 6.174 dan 6.145, sedangkan resistance ada di level 6.291 dan 6.247.

Dennies menilai, investor masih akan mencermati perkembangan terkait PPKM dan kasus Covid-19 secara harian. Pada Minggu (5/8), jumlah kasus bertambah 26.425 menjadi total 3.666.031.

"Investor juga akan mengantisipasi rilis data indeks harga konsumen (consumer price index/CPI) dari Tiongkok," kata Dennies dalam riset tertulisnya.

Ia merekomendasikan saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) untuk beli. Menurut dia, indikator teknikal menunjukkan sinyal beli dengan sentimen netral dan positif.

Dennies juga merekomendasikan saham PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) untuk beli tetapi bersifat spekulatif. Menurutnya, indikator teknikal menunjukkan sinyal beli dengan indikator teknikal negatif tetapi sentimen positif.

CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menilai, indeks akan konsolidasi hingga beberapa waktu mendatang. Analisisnya, area pergerakan indeks ada di level antara 6.123 dan 6.260.

Ia mengatakan, perkembangan pergerakan IHSG hingga saat ini masih terlihat betah berada dalam rentang konsolidasi wajar. Selama rentang konsolidasi belum berhasil digeser ke arah yang lebih baik, maka peluang pelemahan masih terbuka lebar.

Sementara itu, menurut dia, beberapa hasil kinerja emiten selama semester satu yang akan dirilis, masih dibayangi oleh situasi perekonomian yang belum pasti. "Sehingga rentang gerak IHSG masih akan berada dalam fase konsolidasi hingga beberapa waktu mendatang," katanya.

Ada beberapa saham yang menurut William bisa diperhatikan oleh investor, seperti PT Astra International Tbk (ASII), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON).

IHSG pada perdagangan akhir pekan lalu, Jumat (6/8) melemah 0,03% dibandingkan hari sebelumnya ke level 6.203. Namun, indeks menguat 2,19% dibandingkan posisi akhir pekan lalu. 

Advertisement
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait