Capai 40%, Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Rampung Oktober 2020

Image title
29 Januari 2020, 16:46
mandalika, motoGP, luhut
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Foto udara bentuk lintasan lurus Mandalika MotoGP Street Circuit di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/10/2019). Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan hari Rabu (29/1) mengatakan saat ini konstruksi sirkuit tersebut mencapai 40% dan siap dirampungkan Oktober 2020.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan pembangunan sirkuit Mandalika rampung pada Oktober 2020. Saat ini pengerjaan seluruh infrastruktur balap motor MotoGP tersebut mencapai 40%.

Jika kelar Oktober, maka sirkuit ini sudah siap tepat satu tahun sebelum ajang MotoGP digelar. Dia juga mengatakan semua persiapan balap motor itu dilakukan sesuai dengan standar internasional. “Persiapannya sangat bagus, dan memang ini yang pertama di dunia ada (sirkuit) di pinggir pantai,” kata Luhut di Jakarta, Rabu (29/1).

(Baca: 3.200 Tiket MotoGP Mandalika Ludes Dipesan, Luhut: Antusiasmenya Besar)

Luhut mengatakan saat ini pemerintah tengah merampungkan masalah pembebasan tanah untuk akses dari Bandara Internasional Lombok menuju Mandalika. Jika jalan selesai dibangun, jarak tempuh bandara ke Mandalika hanya memakan waktu 20 menit.

"Tinggal 1% tanah yang belum beres, akan menghemat 17 kilometer (jalan) yang ditempuh dari airport,” kata Luhut.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...