Papua Nugini Minta Bantuan Masker dan APD dari RI untuk Tangani Corona

Dimas Jarot Bayu
27 April 2020, 19:30
papua nugini, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/wsj.
Prajurit TNI AU membongkar muat kardus berisi Alat Pelindung Diri (APD) di Lanud Soewondo Polonia, Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/4/2020). Pemerintah menerima permintaan bantuan APD dan alat kesehatan lain dari negara Asia Pasifik seperti Papua Nugini

Pemerintah mendapatkan sejumlah permohonan bantuan untuk menangani virus corona Covid-19 dari negara lain di kawasan Asia Pasifik. Hal tersebut diketahui dalam rapat terbatas internal yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo melalui video conference, Senin (27/4).

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, permintaan itu salah satunya datang dari Papua Nugini. Mereka berharap RI dapat mengirim alat kesehatan seperti material alat pelindung diri (APD), hand sanitizer, dan masker.

"Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi) melaporkan permintaan sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik," kata Doni melalui video conference, Senin (27/4).

(Baca: Targetkan Corona Mereda Juni, Pemerintah Pacu Tes Massal hingga Mei)

Doni mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan bantuan yang dimintakan sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik tersebut. Hanya saja, bantuan baru bisa diberikan jika pemerintah bisa memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

"Apabila kebutuhan domestik terpenuhi, maka kami bisa bantu negara-negara Asia Pasifik, terutama PNG (Papua Nugini) dan negara lainnya," kata Doni.

Pemerintah baru saja menerima bantuan 479 ribu reagen untuk pemeriksaan corona dengan metode polymerase chain reaction (PCR) dari Korea Selatan dan Tiongkok. Doni mengatakan, kedatangan bantuan tersebut tak lepas dari peran Retno, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi, dan Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun.

Kedatangan bantuan tersebut juga tak lepas dari peran Menteri BUMN Erick Thohir yang telah menugaskan Garuda Indonesia untuk menjemputnya dari negara asal. "Kemudian kami sampaikan terima kasih kepada Panglima TNI karena telah melakukan upaya distribusi reagen ke sejumlah provinsi," kata Doni.

Doni mengatakan, distribusi reagen PCR pada tahap pertama baru bisa dilakukan untuk berbagai provinsi di Pulau Jawa. Untuk di provinsi lain di luar Pulau Jawa, pengiriman akan dilanjutkan pada tahapan  selanjutnya.

"Kami sampaikan terima kasih kepada para gubernur yang telah menugaskan staf untuk ambil reagen langsung ke tempat penyimpanan di gudang penyimpanan Soekarno Hatta," kata dia.

(Baca: 22 Daerah Antusias Terima 400 Ribu Alat Tes PCR dari Tiongkok)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...