Istana Sebut Jokowi Jalankan Protokol Ketat saat Lantik Gubernur Kepri

Cindy Mutia Annur
1 Agustus 2020, 15:15
gubernur Kepri, jokowi, virus corona
ANTARA/HO
Gubernur Kepri Isdianto jelang pelantikan oleh Presiden Jokowi di Jakarta, Senin (27/7). Istana sebut pelantikan Isdianto, yang belakangan terkonfirmasi positif corona, telah dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto yang baru dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin (27/7) lalu, positif terkena virus corona. Istana lalu memastikan bahwa protokol kesehatan saat pelantikan Isdianto telah berlangsung dengan ketat. 

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya telah melakukan tes usap terlebih dahulu kepada Isdianto, keluarganya, maupun pejabat terkait yang hadir secara terbatas pada saat pelantikan. "Kami sudah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat," ujar dia dikutip dari siaran pers, Sabtu (1/8). 

Heru menjelaskan, selama prosesi pelantikan berlangsung, protokol Istana juga meminimalkan kontak langsung antara Jokowi dan Isdianto. Ia mencontohkan, saat penyerahan Keputusan Presiden (Keppres), presiden tidak menyerahkan dokumen itu secara langsung kepada gubernur.

Selain itu, sejumlah protokol kesehatan lainnya juga diterapkan secara ketat di lingkungan Istana Negara, terutama selama prosesi pelantikan berlangsung, seperti memakai masker dan melakukan jaga jarak. 

"Saat pelantikan, kami tidak banyak mengundang para pejabat dan hanya dihadiri oleh keluarga dan pejabat tertentu," ujar Heru.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri Tjetjep Yudiana menduga Isdianto dan lima staf protokolnya tertular virus corona saat berada di Tanjungpinang, Selasa (28/7). Dugaan itu semakin kuat ketika seremonial penyambutan gubernur tidak menerapkan protokol kesehatan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...