Buat Terobosan, Sejumlah Daerah Raih Penghargaan di Regional Summit

Kabupaten Badung, Bali mendapatkan skor Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan tertinggi. Daerah ini dianggap memiliki kebijakan yang mendukung upaya pembangunan ramah lingkungan.
Image title
5 November 2020, 22:10
regional summit, pemda, katadata
Katadata
Acara pengumuman penghargaan dalam Katadata Regional Summit 2020, Kamis (5/11).

Acara Katadata Regional Summit 2020 telah mencapai puncaknya pada hari Kamis (5/11). Dalam sesi terakhir, penghargaan diberikan kepada daerah yang dianggap mampu melakukan terobosan dalam beberapa bidang. 

Penghargaan ini diambil sesuai tema yang diangkat yakni strategi membangun daya saing berkelanjutan. Penilaian dilakukan Katadata yang bekerja sama dengan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KKPOD).

KPPOD mendata 356 kabupaten di Indonesia dengan data sekunder tahun 2018-2019 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS), dinas lingkungan hidup, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) hingga Satuan Kerja Pelaksana Daerah (SKPD).

“Inovasi berbasis prinsip keberlanjutan harus menjadi prioritas daerah, terutama bagi daerah yang mengandalkan Sumber Daya Alam sebagai fondasi perekonomian daerah saat ini dan masa depan," kata Ketua KPPOD Robert Na Endi Jaweng, Kamis (5/11).

Mengacu pada hasil pemeringkatan tersebut, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, meraih skor Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan tertinggi dengan skor 68,30. Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berada di peringkat dua dengan skor 64,48. Sedangkan Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara ada pada ranking tiga dengan skor 63,54.

Kabupaten Badung dinilai memiliki penyelenggaraan pelayanan dan transparansi publik yang bagus dan dukungan pemerintahan yang baik. Daerah ini dianggap memiliki kebijakan yang mendukung upaya pembangunan ramah lingkungan.

Kabupaten Musi Banyuasin dinilai memiliki tata kelola pemerintahan yang berkomitmen tinggi serta inovasi ke arah praktik keberlanjutan. Sedangkan Kabupaten Tana Tidung mampu menerapkan anggaran yang akuntabel dan kondisi sosial inklusif yang baik.

Nantinya, tiga kabupaten dengan penilaian terbaik akan mendapatkan pengembangan kapasitas dari Kinara Indonesia. “Kami Indonesia mengapresiasi pemda yang berinovasi untuk menerapkan prinsip keberlanjutan dalam meningkatkan daya saing daerah,” kata Direktur Kinara Indonesia Vivi Laksana.

Tak hanya itu, penghargaan juga diberikan kepada daerah yang dianggap mampu menjalankan lima hal yang menjadi fokus utama pembangunan yakni pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, lingkungan dan perekonomian. Berikut daftar daerah yang memenangkan penghargaan dalam Regional Summit 2020:

Pemenang Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan

  1. Kabupaten Badung
  2. Kabupaten Musi Banyuasin.
  3. Kabupaten Tana Tidung

 

 Kategori Pendidikan

Subkategori Outcome Bidang Pendidikan

Klaster 1

  1. Kabupaten Biak Numfor
  2. Kabupaten Jayapura
  3. Kabupaten Mimika

 Klaster 2

  1. Kota Kotamobagu
  2. Kabupaten Maluku Tengah
  3. Kota Jayapura

 Klaster 3

  1. Kabupaten Nabire
  2. Kabupaten Puncak Jaya
  3. Kabupaten Sarmi.

 Klaster 4

  1. Kabupaten Alor
  2. Kabupaten Flores Timur.
  3. Kabupaten Jeneponto.

 

Kategori Kesehatan

Subkategori Ketepatan Alokasi APBD Bidang Kesehatan

Klaster 1

  1. Kabupaten Biak Numfor
  2. Kabupaten Aceh Barat
  3. Kota Mojokerto

 Klaster 2

  1. Kota Kotamobagu
  2. Kota Banjar
  3. Kota Dumai

Klaster 3

  1. Kabupaten Bolaang Mongondow
  2. Kabupaten Paniai
  3. Kabupatena Pulau Morotai (Maluku Utara) 

Klaster 4

  1. Kota Tanjung Balai
  2. Kabupaten Bantaeng
  3. Kabupaten Sikka

 

Reporter: Annisa Rizky Fadila
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait