Gantikan Terawan, Budi Gunadi Janji Bangun Sistem Mumpuni Lawan Corona

Budi baru ditunjuk Jokowi sebagai Menkes menggantikan Terawan Agus Putranto.
Ameidyo Daud Nasution
22 Desember 2020, 21:33
Calon Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.
Muchlis Jr|BPMI Sekretariat Presiden
Calon Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberi pernyataan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12). Budi mengatakan akan membenahi layanan kesehatan agar kuat menghadapi Covid-19.

Budi Gunadi Sadikin menyampaikan langkah yang akan dilakukan usai ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Ia menjanjikan akan membangun sistem layanan kesehatan publik yang kuat dan siap menghadapi Covid-19.

Oleh sebab itu Budi akan menggandeng koleganya sesama pemerintah pusat, daerah, hingga asosiasi demi mengembangkan layanan kesehatan yang mumpuni. Apalagi RI masih berpotensi dilanda pandemi serupa di masa depan.

“Agar generasi setelah kita bisa menghadapi SARS-CoV-3 atau SARS-CoV 4 yang tidak tahu kapan datangnya,” kata Budi di Istana Merdeka, Selasa (22/12).

 

Advertisement

Budi mengatakan dirinya ditugasi Jokowi untuk mengatasi masalah yang disebabkan Covid-19. Oleh sebab itu ia akan melaksanakan arahan ini agar seluruh kehidupan masyarakat bisa kembali normal.

“Agar anak-anak bisa seolah kembali, pengusaha UMKM bisa membuka toko, dan semua pekerja bisa datang ke kantor memulai hidup normal,” katanya.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri tersebut mengatakan Kemenkes tak bisa menyelesaikan masalah pandemi sendirian. Oleh sebab itu ia berharap program yang dirancang pemerintah bisa menjadi gerakan bersama masyarakat.

“Kemenkes tak mungkin melakukannya secara eksklusif tapi inklusif,” katanya.

Budi merupakan satu dari enam Menteri baru yang diperkenalkan oleh Jokowi pada Selasa (22/12) sore. Ia sebelumnya terlibat aktif dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19 sejak menerpa Indonesia di bulan Maret sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I yang membidangi antara lain BUMN Kesehatan dan Farmasi,

Pria kelahiran Bogor, 6 Mei 1964, ini ikut berperan di masa awal pandemi dalam membuka jaringan internasional dan mengerahkan sumberdaya dalam negeri untuk pengadaan: 20 alat PCR test dengan kapasitas lebih dari 10,000 test per hari atau 28% dari kapasitas nasional, vaksin Covid serta membuat rencana distribusinya, hingga obat penyembuhan (thereupatic) Covid-19.

Jokowi telah mengumumkan enam Menteri baru pada Selasa (22/12) sore. Selain Budi, ada nama Tri Rismaharini yang akan menjabat sebagai Menteri Sosial serta Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tiga nama lainnya adalah M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Yaqut Cholil Qoumas yang ditunjuk jadi Menteri Agama, dan Sakti Wahyu Trenggono yang menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait