Jokowi Umumkan Reshuffle 6 Menteri, Risma dan Sandiaga Masuk Kabinet

Terawan Agus Putranto terlempar dari Kabinet dan digantikan Budi Gunadi Sadikin
Image title
22 Desember 2020, 16:05
kabinet, reshuffle, menteri
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Pool/wsj.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) memimpin rapat kabinet terbatas mengenai percepatan penanganan dampak pandemi COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7/2020). Jokowi mengumumkan enam Menteri baru pada Selasa (22/12).

Jokowi akhirnya memperkenalkan Menteri baru pada hari ini. Ada enam Menteri baru yang diumumkan, dua di antaranya adalah saingannya saat Pemilihan Presiden 2019 yakni Sandiaga Uno dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Sandi ditunjuk Presiden sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Sedangkan Risma menjabat sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Pelantikan Insya Allah akan dilakukan besok pagi,” kata Jokowi dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12).

Nama ketiga adalah Budi Gunadi Sadikin yang akan menjabat sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Budi sebelumnya adalah Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Advertisement

Selanjutnya, Jokowi menunjuk politisi Partai Kebangkitan Bangsa Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, menggantikan posisi Fachrul Razi. Ia juga akan menggantikan jatah PKB di Kabinet yang sebelumnya diisi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Adapun Agus digantikan M. Lutfi yang sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu, posisi Menteri Kelautan dan Perikanan kini ditempati oleh Sakti Wahyu Trenggono. Trenggono merupakan wakil Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan dalam susunan Kabinet Kerja.

Beberapa nama seperti Risma dan Trenggono sebelumnya santer beredar menjadi Menteri. Risma, wali kota yang akan segera mengakhiri jabatannya pasca-hasil pilkada serentak 9 Desember lalu, disorongkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri kepada Presiden untuk menduduki kursi Menteri Sosial.

Sedangkan Sandiaga adalah nama beberapa nama politisi Gerindra yang beredar untuk menggantikan jatah Edhy Prabowo yang mengundurkan diri usai tersandung kasus benur lobster. “Tidak ada partai politik yang berkurang kursinya di kabinet,” kata seorang sumber Katadata.co.id.

Sedangkan Terawan juga sebelumnya santer diberitakan akan diganti Budi Gunadi Sadikin. Hal ini terkait evaluasi kinerja menteri setelah berjalan selama lebih satu tahun. Salah satu poin utama evaluasi adalah kinerja para menteri dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

 “Calon yang disiapkan diharapkan bisa mempercepat penanganan pandemi, khususnya vaksinasi.” ujar sumber tersebut.

Adapun Lutfi sejak beberapa waktu disebut-sebut akan menjabat Menteri Perdagangan baru pengganti Agus Suparmanto. Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini memang sempat menjadi calon kuat menteri saat penyusunan kabinet tahun 2019 lalu.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Santoso mengatakan enam calon Menteri sudah sejak siang tadi dipanggil Jokowi ke Sekretariat Presiden. Meski demikian, pengumuman baru berlangsung 15.30 WIB. "Pukul 13.30 WIB (Sudah datang," kata Heru kepada Katadata.co.id, Selasa (22/12).

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait