Beberapa Ruas Jalan di Jakarta Lumpuh Akibat Banjir

Tiga pintu air di Jakarta berstatus siaga I. BMKG mengeluarkan peringatan potensi banjir sejak beberapa hari lalu.
Ameidyo Daud Nasution
20 Februari 2021, 09:14
banjir, jakarta, bencana alam
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Banjir menggenani rumah warga di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Jumat (19/2/2021). Hingga Sabtu (20/2), banjir masih melanda sejumlah wilayah di Jakarta.

Sejumlah wilayah di Jakarta kembali dilanda banjir usai hujan deras mengguyur sejak Jumat (20/2). Titik banjir tersebar merata hingga ke wilayah penyangga ibu kota seperti Bekasi, Jawa Barat.

Dari Twitter Polda Metro Jaya, beberapa wilayah yang dilanda banjir antara lain Simpang Tol Cawang, Puri Kembangan, serta Jalan Kapten Pierre Tendean. Di Jalan Tendean, Kepala Bagian Bidang Operasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali meminta pengguna jalan mencari jalur alternatif.

“Arus ke Blok M sudah tak bisa dilalui karena ketinggian air 20 sampai 40 centimeter,” kata Dermawan dikutip dari Twitter TMC Polda Metro Jaya, Sabtu  (20/2).

 

Banjir dengan ketinggian 40 cm juga melanda Jalan Bendungan Hilir Raya, tepatnya di depan Rumah sakit AL Mintohardjo. Begitu Pula Jalan Kemang Raya yang sudah tak bisa dilalui akibat ketinggian air mencapai 60 sampai 70 cm.

Jalan Perjuangan arah Srengseng, Jakarta Barat juga terpaksa ditutup karena banjir mencapai 70 centimeter. Sedangkan Jalan Puri Mutiara, Jeruk Purut, Jakarta Selatan juga tak bisa dilalui kendaraan akibat ketinggian air mencapai 70 cm.

Banjir di Jalan Pondok Gede Raya Jakarta Timur juga mengakibatkan jalan tersebut ditutup. “Bagi pengendara agar mencari jalan alternatif,” bunyi cuitan Polda Metro jaya.

Sedangkan beberapa titik banjir namun bisa dilalui antara lain Jalan Jalan Jatinegara Barat, Jalan daan Mogot arah Cengkareng, Jalan Tubagus Angke, Jalan Mangga Dua, hingga Jalan Boulevard Barat Kelapa Gading.

Adapun wilayah Bekasi yang dialnda banjir adalah Perumahan Puri Gading. Hujan yang mengguyur sejak semalam membuat wilayah tersebut lumpuh dan air masuk ke rumah warga. “Ketinggian air sepinggang orang dewasa,” kata seorang warga bernama Rudi dikutip dari Antara, Sabtu )20/2).

Sedangkan dari Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta, sebanyak tiga pintu air telah berstatus siaga I. Ketiganya adalah Pintu Air  Karet, Angke Hulu, dan Sunter Hulu.  Adapun Pintu Air Manggarai dan Pasar Ikan saat ini berstatus siaga II.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sebelumnya telah mengeluaran peringatan potensi banjir di sejumlah provinsi seperti Jakarta dan Jawa Barat mulai Jumat (19/2) hingga Sabtu (20/2). Ini lantaran hujan deras terus mengguyur beberapa wilayah di Indonesia.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait