Anies Sebut Curah Hujan & Kapasitas Drainase Sebabkan Banjir Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
20 Februari 2021, 13:36
anies baswedan, jakarta, banjir
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Anies mengatakana banjir di Jakarta pada Sabtu (20/2) karena kapasitas drainase tak mampu tampung curah hujan tinggi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan banjir yang melanda sejumlah lokasi di Jakarta disebabkan hujan ekstrem. Selain itu kapasitas sistem drainase ibu kota juga tak mampu menahan curah hujan tinggi.

Sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir hingga melumpuhkan lalu lintas. Anies mengatakan dari data Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hujan pada Sabtu (20/2) dinihari tersebut memiliki intensitas di atas 150 milimeter.

Advertisement

“Kapasitas sistem drainase Jakarta berkisar 60 sampai 100 milimeter. Bila hujan di atas 100 milimeter per hari past terjadi genangan,” kata Anies, Sabtu (20/2) dikutip dari Antara.

Anies lalu menyinggung curah hujan di wilayah Pasar Minggu yang mencapai 226 milimeter sampai Lebak Bulus yakni 154 meter yang termasuk ekstrem. Tak hanya itu, DKI juga menerima kiriman air dari hulu di Bogor. “Dalam perjalanannya, tentu berdampak pada kawasan yang ada di sekitarnya,” ujarnya.

Sebelumnya BMKG telah memperingatkan sejumlah provinsi seperti DKI akan adanya potensi banjir akibat hujan pada akhir pekan ini. Terbaru, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi hujan berpotensi terjadi lagi pada Minggu (21/2).

"Diperkirakan hujan intensitas lebih besar dari 10 milimeter/jam terjadi dalam durasi sekitar 3 sampai 4 jam pada 20 dan 21 Februari 2021," demikian keterangan LAPAN.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement