Jokowi Resmikan Napun Gete, Masih Ada 4 Bendungan di NTT Belum Rampung

Rizky Alika
23 Februari 2021, 18:49
NTT, bendungan, Jokowi
Katadata
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Napun Gete, Nusa Tenggara Timur, Selasa (23/2) Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo mengatakan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini masih kekurangan pasokan air bersih. Karena itu, pemerintah membangun tujuh bendungan di wilayah tersebut untuk memenuhi kebutuhan air.

Hingga saat ini, baru tiga dari tujuh bendungan di NTT yang telah rampung dan beroperasi. Terbaru, Jokowi meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, Selasa (23/2). 

Advertisement

Dua bendungan lain adalah Bendungan Raknamo, Kupang yang rampung 2018 dan Bendungan Rotiklot, Belu yang telah diresmikan setahun setelahnya. Empat lainnya adalah Bendungan Temef di Timor Tengah Selatan, Lambo di Nagekeo, serta Kolhua dan Manikin di Kupang.  "Tinggal 4 bendungan dalam proses," ujar Jokowi di Bendungan Napun Gete, Sikka, Selasa (23/2).

Belum selesai empat bendungan, Jokowi telah menerima permintaan dari Gubernur NTT Viktor Laiskodat untuk menambah dua bendungan. Jokowi lantas meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono merealisasikan hal tersebut.

Presiden mengatakan wilayah seperti Sumba Tengah memerlukan pasokan air dalam jumlah besar. Apalagi kekurangan air membuat ekspor sapi dari kabupaten tersebut ke Hongkong terhenti.  "Sangat dibutuhkan seperti Napun Gete (di Sikka)," kata Jokowi.

Selain itu bendungan juga diperlukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan peternakan. Presiden yakin, NTT akan mencapai kondisi yang makmur saat bendungan telah selesai dibangun. 

Jokowi juga meminta kepada Menteri Pertanian agar panen di Sumba Tengah bisa mencapai 3 kali dalam setahun, naik dari sebelumnya 1 kali dalam setahun. "Saya minta pada Mentan untuk panen (padi) dua kali plus jagung satu kali, artinya tiga kali. Ini lompatan produktivitas," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement