Jokowi Ikut Turun Tangan Soal Polemik Atlet RI di All England 2021

Ameidyo Daud Nasution
19 Maret 2021, 20:06
all england, olah raga, jokowi, menpora
ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Andrew Boyers/aww.
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Praveen Jordan and Melati Daeva Oktavianti (kanan) beraksi saat laga final ganda campuran All England 2020 di Arena Birmingham, Inggris, Minggu (15/3/2020). Presiden Jokowi meminta Menpora menyelamatkan tim bulu tangkis Indonesia yang terjebak isolasi saat All England 2021.

Polemik mundurnya tim bulu tangkis Indonesia dari turnamen All England 2021 mengundang reaksi Presiden Joko Widodo. Presiden memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali tidak tinggal diam soal kejadian yang dipicu protokol Covid-19 tersebut.

Jokowi menginstruksikan Zainudin untuk menyelamatkan tim yang masih terjebak di Birmingham, Inggris. Selain itu, pemerintah menyatakan kekecewaannya kepada Federasi Badminton Dunia (BWF) atas hal ini.

“Presiden meminta perlakuan yang tidak baik ini jangan didiamkan dan harus dipersoalkan,” kata Zainudin saat menggelar konferensi pers, Jumat (19/3) dikutip dari Antara.

Kekecewaan ini lantaran tim merasa diperlakukan tak adil sehingga terpaksa mundur dari kejuaraan tahunan tersebut. Tak hanya itu, pemain dan ofisial harus kembali ke hotel dengan berjalan kaki.

Saat ini tim masih menjalani isolasi di hotel sampai 23 Maret mendatang. Sedangkan kebutuhan logistik mereka dipasok oleh Kedutaan Besar RI. Zainudin mengatakan saat ini pemerintah sedang mencari cara memulangkan tim jika tak ada kejelasan.

“Saat ini kami masih berusaha agar pemain tidak terkurung (di hotel),” kata Zainudin.

Kasus ini memang mengundang keprihatinan sejumlah pihak di Tanah Air. Salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang beranggapan insiden tersebut bisa dihindari jika tes berkala dilakukan. “Menurut saya bisa lakukan tes tiap hari. Namun itu adalah kebijakan Pemerintah Inggris,” kata Ridwan, Jumat (19/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...