16 Juta Vaksin Sinovac Tiba, Wamenkes Harap Bisa Pacu Vaksinasi Corona

Ameidyo Daud Nasution
25 Maret 2021, 16:22
vaksin, covid-19, virus corona, sinovac, 3m
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Petugas memindahkan vaksin COVID-19 Sinovac setibanya di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (25/3/2021). Sebanyak 16 juta dosis vaksin COVID-19 Sinovac dalam bentuk curah kembali tiba di Indonesia yang selanjutnya akan dibawa ke Bio Farma untuk diproduksi.

Vaksin Covid-19 tahap ketujuh dari Sinovac telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Kamis (25/3) siang. Vaksin setengah jadi sebanyak 16 juta bulk tersebut akan dibawa ke fasilitas milik PT Bio Farma (Persero) untuk diproduksi.

Dengan tambahan ini, maka Indonesia telah memiliki 53,5 juta dosis vaksin. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono berharap tambahan vaksin ini bisa memacu kecepatan vaksinasi Covid-19.

Apalagi sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan target sejuta suntikan per hari masih terkendala pasokan vaksin.  “Kecepatannya bisa ditingkatkan agar target 181,5 juta yang divaksin untuk mencapai herd immunity bisa tercapai,” kata Dante dalam siaran virtual, Kamis (25/3)..

Vaksin yang tiba hari ini senilai US$ 101 juta. Pemerintah juga telah memberi fasilitas fiskal senilai Rp 255 miliar dari bea masuk, Pajak Pertambahan Nilai atas impor, dan PPh Pasal 22 atas impor.

“Nanti akan dievaluasi mutunya dulu oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum menjadi vaksin,” kata Dante.

Saat ini pemerintah sedang fokus melakukan vaksinasi kepada masyaraat prioritas seperti lansia dan petugas publik. Sedangkan jumlah tenaga kesehatan yang menjalani vaksinasi sudah hampir 100 persen dari total 1,4 juta orang.

“Datanya menggembirakan, penurunan angka penularan pada nakes menurun,” kata Dante. Meski demikian, ia tidak menyebut berapa penurunan angka tersebut.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...