Kans Prabowo Beli Alutsista dari Jepang setelah Bertemu PM Suga

Ameidyo Daud Nasution
30 Maret 2021, 19:44
prabowo, alutsista, jepang, ekspor
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat bersama Komisi I DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11/2019). Prabowo dan PM Jepang Yoshihide Suga pada Selasa (30/3) menyepakati kemungkinan ekspor alutsista Jepang ke RI.

Pemerintah Jepang dan Indonesia menyepakati kemungkinan adanya ekspor hingga transfer teknologi alat utama sistem senjata (alutsista) dari Negeri Matahari Terbit ke RI.  Pernyataan ini diberikan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga usai bertemu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Tokyo, Selasa (30/3).

Sebelumnya Prabowo bersama Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi menggelar pertemuan 2 plus 2 dengan Menlu Toshimitsu Motegi and Menhan Nobuo Kishi. PM Suga berharap pakta ini menjadi kerja sama keamanan yang lebih erat antara RI dan Jepang.

“Untuk mewujudkan visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, saya ingin meningkatkan kerja sama secara khusus,” kata Suga dikutip dari Kyodonews, Selasa (30/3).

Dalam pembicaraan, baik Prabowo maupun Suga sepakat berkoordinasi erat menyikapi krisis di Myanmar. Pengganti Shinzo Abe itu bahkan mengutuk keras pengunaan kekerasan oleh aparat kepada demonstran di negara tersebut.

Sedangkan dalam pertemuan 2 plus 2, keempat Menteri menyinggung masalah keamanan kedua negara, termasuk meningkatnya aktivitas Tiongkok di Laut Cina Selatan dan Laut Cina Timur.

RI kerap mengalami ketegangan di wilayah perairan Kepulauan Natuna. Adapun Jepang dan Tiongkok kerap berseteru memperebutkan Kepulauan Senkaku/Diaoyu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...