Buka IIMS, Jokowi Harap Sektor Otomotif Bangkit dari Pukulan Pandemi

Rizky Alika
15 April 2021, 14:18
jokowi, otomotif, motoGP, formula e, IIMS
Laily Rachev|Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo melantik menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Rabu (23/12/2020). Jokowi pada pembukaan IIMS 2021 berharap sketor otomotif segera pulih.

Presiden Joko Widodo membuka Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Dalam acara tersebut, Presiden berharap industri otomotif bisa bangkit setelah dihantam pandemi Covid-19.

Apalagi otomotif ini merupakan sektor penting dan bisa menyerap tenaga kerja dan menggerakkan usaha kecil.  Oleh sebab itu, Pemerintah akan terus fokus mengawal perbaikan sektor ini. 

"Agar bisa menaikkan ekspor ke pasar-pasar global," kata Jokowi saat pembukaan IMS Hybrid 2021 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/4).

Sebagaimana diketahui, industri otomotif menjadi kontributor terbesar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dengan rata-rata andil sebesar 20 persen setiap tahun. Jokowi juga  meminta, transformasi menuju teknologi hijau dilakukan pada industri ini.

Oleh sebab itu penggunaan energi hijau seperti biodiesel 30 persen (B30) dan biodiesel 100 persen (B100) harus terus dilakukan. Selain itu, pengembangan industri mobil listrik perlu terus dipercepat.

Tak hanya itu, Pemerintah juga terus menjadikan industri otomotif sebagai sektor investasi prioritas. Salah satu aturan yang disiapkan untuk memacu penanaman modal adalah penerapan Undang-Undang Cipta Kerja.

 Selain itu, Presiden berharap gelaran tersebut bisa menunjukkan kesiapan Indonesia untuk menggelar pameran otomotif berskala internasional. "Dan menunjukkan kesiapan kita untuk menjadi tuan rumah event otomotif skala internasional, termasuk menggelar MotoGP di Mandalika, Formula E di Jakarta," kata Presiden.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...