Pelajaran Menkes Budi dari Lonjakan Kasus Corona di India: Disiplin 3M

Rizky Alika
19 April 2021, 20:25
covid-19, india, vaksin, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui/AWW/sa.
Danish Siddiqui Orang-orang menguburkan jenazah korban yang meninggal karena penyakit COVID-19, di sebuah kuburan di New Delhi, India, Jumat (16/4/2021). Menkes Budi Gunadi Sadikin pada Senin (19/4) berpesan kepada masyarakat agar belajar dari lonjakan kasus corona di India.

India kembali mengalami lonjakan kasus Covid-19 beberapa waktu belakangan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan pelajaran yang  bisa diambil masyarakat Indonesia dari Negeri Bollywood tersebut.

Budi mengatakan kenaikan kasus virus corona tersebut terjadi akibat masyarakat kurang waspada karena sudah banyak yang telah menjalani vaksinasi. Masyarakat India mulai mengendorkan penerapan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak alias 3M.

"Karena vaksinasinya tinggi, jumlah kasus konfirmasinya menurun, mereka lupa. Mereka kurang wapada," kata Budi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/4).

Selain itu, ada pula mutasi virus baru di India sehingga berakibat kepada lonjakan kasus. Bahkan varian baru virus Covid-19 tersebut telah masuk Indonesia. "Namun kita masih sangat sedikit insidennya (mutasi virus baru)," ujar dia.

Ia pun meminta masyarakat Tanah Air untuk menjaga diri dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Sebab, vaksinsi dan penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro telah berhasil menurunkan laju penularan virus corona.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu juga meminta masyarakat mematuhi aturan PPKM Mikro. "Kalau itu bisa kita jalankan, di masa Ramadan dan Idul Fitri kita tidak usah mengalami seperti India," kata Budi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...