Reshuffle Kabinet Kian Dekat, Moeldoko akan Diganti Doni Monardo?

Image title
20 April 2021, 20:31
reshuffle, kabinet, jokowi, moeldoko, doni monardo
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko melambaikan tangan usai memberi keterangan pers di kediamannya kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (3/2/2021). Nama Moeldoko masuk sebagai orang yang berpotensi terkena reshuffle Kabinet.

Beberapa nama mencuat dalam kocok ulang alias reshuffle Kabinet Indonesia Maju.  Sejumlah nama dikabarkan akan masuk ataupun berganti posisi sebagai pembantu Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata, salah satu nama yang berpotensi terpental adalah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Ia dikabarkan akan digantikan Doni Monardo yang saat ini menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Adapun baik Tenaga Ahli KSP Donny Gahral Adian serta Tenaga Ahli BNPB Eggy Massadiah belum merespons isu ini. Hingga berita ini ditulis, keduanya belum membalas pesan singkat Katadata.co.id.

Sedangkan Moeldoko enggan terlalu mengomentari rencana pergantian posisi di kabinet Jokowi. “Untuk reshuffle yang tahu hanya Presiden, titik,” kata mantan Panglima TNI tersebut di Depok, Selasa (20/4) dikutip dari Antara.

Isu perombakan kabinet mencuat setelah pemerintah akan melebur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi. Selain itu juga ada wacana pembentukan Kementerian Investasi sebagai struktur baru dalam Kabinet Indonesia Maju.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia kemungkinan besar akan menjabat sebagai Menteri Investasi. Adapun Nadiem Makarim tetap akan menjabat sebagai Mendikbud dengan fungsi tambahan bidang Ristek.

Meski demikian, belum jelas apakah Menristek sebelumnya Bambang Brodjonegoro akan menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) atau tidak.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...