Jokowi: Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara Akan Dibangun di Batang

Rizky Alika
21 April 2021, 17:07
jokowi, industri, investasi
Youtube/Seretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan atas kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar pada Minggu (28/3). Jokowi pada Rabu (21/4) menghadiri groundbreaking pabrik kaca terbesar se-ASEAN di Batang.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, Rabu (21/4). Jokowi sekaligus mengecek kesiapan kawasan tersebut untuk pembangunan industri kaca terbesar di Asia Tenggara.

Rencananya pembangunan pabrik tersebut akan dimulai pada Mei 2021. Pabrik tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 450 hektar yang sudah hampir selesai disiapkan. "Peletakan batu pertama untuk industri kaca. Kemungkinan jadi yang terbesar di Asia Tenggara," kata Jokowi di Batang, Rabu (21/4).

Advertisement

Tak hanya pabrik kaca, KIT Batang akan kedatangan investasi industri prekursor katoda pada Juni atau Juli mendatang. Joowi lalu meminta pihak manajemen KIT menyiapkan lahan. "Agar segera bisa dipakai (industri) dan bisa segera dibangun," ujar dia.

Kepala Negara berharap, industri tersebut akan menyerap lapangan kerja dalam jumlah besar, memberikan peluang kerja, meningkatkan arus modal masuk, serta menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Ia pun akan melakukan pengecekan secara rutin terhadap KIT Batang. Jokowi menginginkan, kawasan industri tersebut akan menjadi contoh bagi kawasan industri di wilayah lain.

"Karena ini memang sebuah kawasan yang sangat besar sekali yang memiliki daya saing sangat baik," katanya.

Jokowi memang tidak mnyebutkan apa perusahaan kaca tersebut. Namun sebagai informasi, produsen kaca asal Korea Selatan, KCC GLASS Corporation sebelumnya menyatakan akan membangun pabrik di atas lahan seluas 40 hektare di KIT Batang.

Selain itu, ada perusahaan kimia asal Korea Selatan LG Chem mengamankan lahan 90 hektare, serta produsen pipa plastik Belanda, Wavin B.V yang membangun pabrik di atas lahan seluas 20 hektare di KIT Batang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement