Jubir Istana: Jokowi Belum Pernah Bilang Akan Reshuffle Kabinet

Rizky Alika
27 April 2021, 12:23
jokowi, kabinet, reshuffle kabinet
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Fadjroel Rachman mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta (21/10/2019). Fadjroel mengatakan Preisden Joko Widodo belum pernah menyatakan akan melakukan reshuffle Kabinet.

Perubahan nomenklatur kementerian disebut-sebut akan menjadi momentum bagi Presiden Joko Widodo untuk merombak alias reshuffle kabinet. Namun, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan Jokowi belum pernah menyatakan akan melakukan perombakan posisi pembantunya

Kabar kocok ulang Kabinet ini menjadi ramai usai penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu Jokowi juga akan membentuk Kementerian Investasi.

Advertisement

“Apabila reshuffle memang diperlukan, maka Presiden sendiri yang akan mengumumkan seperti  22 Desember 2020 di Beranda Istana Merdeka,” kata Fadjroel dalam tayangan video yang diterima Katadata.co.id, Selasa (27/4).

Saat ini, hal yang sudah pasti ialah penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud berdasarkan Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian.

Adapun, pembentukan kementerian baru, yaitu Kementerian Investasi sesuai dengan Pasal 13 ayat 1 dan ayat 2 yaitu untuk efisiensi dan efektifitas, cakupan tugas dan proporsionalitas beban tugas, kesinambungan, keserasian, dan keterpaduan pelaksanaan tugas, serta perkembangan lingkungan global.

Hal ini sesuai dengan sejumlah pertimbangan yang tercantum pada Pasal 18 ayat 2 tentang pengubahan kementerian Undang-Undang No.39/2008 tentang Kementerian Negara.  “Tentu pertimbangan pemerintahan sesuai perkembangan kebutuhan dan aspirasi rakyat,” ujar dia.

Selain itu, pertimbangan khusus sesuai Pasal 18 (2) untuk efisiensi dan efektifitas serta perubahan dan/atau perkembangan tugas dan fungsi, peningkatan kinerja dan beban kerja pemerintah serta kebutuhan penanganan urusan tertentu dalam pemerintahan secara mandiri.

Fadjroel juga mengatakan, reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden. “Hanya Jokowi dan  Tuhan yang tahu, kapan, siapa yang akan menduduki jabatan menteri, setidaknya di dua kementerian baru tersebut,” ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement