Laksana Tri Handoko, Pakar Fisika yang Ditunjuk Jokowi Pimpin BRIN

Ameidyo Daud Nasution
28 April 2021, 15:16
laksana tri handoko, LIPI, BRIN
Katadata
Kepala LIPI Laksana Tri Handoko dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu (28/4) sebagai Kepala BRIN. Foto: LIPI

Presiden Joko Widodo resmi melantik Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sore ini di Istana Kepresidenan.

Handoko akan menggantikan posisi Bambang Brodjonegoro sebagai Kepala BRIN. Adapun fungsi Kementerian Riset dan Teknologi saat ini akan dipindahkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dikutip dari laman LIPI, Handoko merupakan ahli fisika RI dengan keahlian fisika partikel. Pria kelahiran Malang 7 Mei tahun 1968 ini mendapatkan gelar sarjana bidang fisika di Universitas Kumamoto, Jepang pada 1993.

Tahun 1995, ia lalu melanjutkan kuliah master bidang fisika teori di Universitas Hiroshima dan melanjutkan pendidikan doktoralnya di kampus yang sama.

Ia memulai karirnya di Pusat Penelitian Fisika LIPI tahun 1987 hingga menjadi Kepala Grup Fisika Teori dan Komputasi Pusat Penelitian Fisika tahun 2002.Satu dekade menjadi Kepala Grup, karir Handoko menanjak menjadi Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI sampai 2014. Pada 2014,

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...