Jokowi Kutuk Kekerasan Israel ke Palestina, Desak PBB Ambil Tindakan

Rizky Alika
10 Mei 2021, 19:57
jokowi, palestina, israel, pbb
Katadata
Presiden Joko Widodo pada Senin (10/5) mengecam keras aksi pengusiran paksa sejumlah warga Palestina dari Sheikh Jarrah Yerusalem Timur oleh pasukan Israel.

Presiden Joko Widodo mengecam keras aksi pengusiran paksa sejumlah warga Palestina dari Sheikh Jarrah Yerusalem Timur oleh pasukan Israel. Jokowi mengatakan, tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa juga tidak bisa dibiarkan.

Jokowi pun mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan Israel. Presiden juga memastikan bahwa bangsa Indonesia akan terus berpihak kepada rakyat Palestina.

Advertisement

"Indonesia mengutuk tindakan tersebut," kata Jokowi melalui akun Twitter resminya @jokowi, Senin (10/5).

 Sebelumnya Kementerian Luar Negeri telah mengecam pengusiran paksa dan tindakan kekerasan terhadap warga sipil Palestina oleh polisi Israel di wilayah Masjid Al Aqsa. Ratusan warga Palestina luka-luka dalam bentrokan tersebut. 

“Pengusiran paksa dan tindakan kekerasan tersebut bertentangan dengan berbagai resolusi DK PBB, hukum humaniter internasional, khususnya Konvensi Jenewa IV tahun 1949, dan berpotensi menyebabkan ketegangan dan instabilitas di kawasan,” demikian keterangan Kementerian Luar Negeri dikutip dari Antara, Minggu (9/5). 

Mengutip Reuters, kecaman kepada Israel juga datang dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Turki. Dari data Perhimpunan Bulan Sabit Merah Palestina, hingga Senin (10/5), 305 orang luka-luka akibat bentrokan warga dengan aparat Israel.

Sebelumnya Polisi Israel menembakkan peluru karet dan granat setrum ke arah pemuda Palestina yang melempar batu di masjid Al-Aqsa Yerusalem pada Jumat malam. Bentrokan lalu meluas hingga luar Kota Tua Yerusalem saat puluhan ribu jamaah Muslim di berbagai belahan dunia bersembahyang pada malam suci Islam Lailatul Qadar.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement