Jokowi Ingin Tol Pekanbaru-Padang Pacu Daya Saing Produk Riau & Sumbar

Image title
19 Mei 2021, 12:34
jokowi, tol, trans sumatera, infrastruktur, pekanbaru, padang
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Padang di Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (19/5). Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Bangkinang pada Rabu (19/5). Ia berharap, tol yang merupakan bagian jalan bebas hambatan Pekanbaru - Padang tersebut bisa mendorong daya saing produk yang berada di Riau dan Sumatera Barat.

Mantan Wali Kota Solo itu pun berharap mobilitas logistik dan masyarakat bisa semakin meningkat dengan adanya ruas jalan tol tersebut. Adapun, ruas Pekanbaru - Bangkinang memiliki panjang 40 kilometer.

"Kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain dan produk-produk yang ada baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Sumatera Barat," kata Jokowi di jalan Tol Trans Sumatera Rusa Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (19/5).

Jokowi berharap, pembangunan ruas jalan tol itu akan semakin dikebut. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan Tol Pekanbaru – Padang akan ditargetkan beroperasi pada tahun 2025. "Kami harap progresnya semakin hari semakin panjang," kata dia.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, pembangunan ruas jalan tol tersebut melibatkan banyak subkontraktor. Selain itu, BPJT akan mengadakan program padat karya pada tahun ini. Rencananya, ada 5.800 tenaga kerja yang akan terserap."Sebagian besar merupakan subkontraktor lokal," ujar dia.

Berdasarkan laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, jalan Tol Pekanbaru – Padang mempunyai panjang total 254 km dan terbagi menjadi enam seksi, yaitu Seksi I Padang – Sicincin, Seksi II Sicincin – Bukittinggi, seksi II Bukittinggi – Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh – Pangkalan, seksi V Pangkalan – Bangkinang dan seksi VI Bangkinang – Pekanbaru. 

Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Padang dilaksanakan oleh PT Hutama Karya dengan nilai investasi Rp 78 triliun melalui Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol yang ditandatangani pada tanggal 11 Oktober 2017. Kehadiran Tol Pekanbaru – Padang ini diharapkan bisa memangkas waktu tempuh Padang - Pekanbaru yang semula menghabiskan 9 jam menjadi 3 – 4 jam.

Tol Pekanbaru – Padang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 km terdiri dari koridor utama dan pendukung yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama beserta jalan pendukung.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait