Jokowi Ingin Tol Pekanbaru-Padang Pacu Daya Saing Produk Riau & Sumbar

Rizky Alika
19 Mei 2021, 12:34
jokowi, tol, trans sumatera, infrastruktur, pekanbaru, padang
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Padang di Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (19/5). Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Bangkinang pada Rabu (19/5). Ia berharap, tol yang merupakan bagian jalan bebas hambatan Pekanbaru - Padang tersebut bisa mendorong daya saing produk yang berada di Riau dan Sumatera Barat.

Mantan Wali Kota Solo itu pun berharap mobilitas logistik dan masyarakat bisa semakin meningkat dengan adanya ruas jalan tol tersebut. Adapun, ruas Pekanbaru - Bangkinang memiliki panjang 40 kilometer.

Advertisement

"Kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain dan produk-produk yang ada baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Sumatera Barat," kata Jokowi di jalan Tol Trans Sumatera Rusa Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (19/5).

Jokowi berharap, pembangunan ruas jalan tol itu akan semakin dikebut. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan Tol Pekanbaru – Padang akan ditargetkan beroperasi pada tahun 2025. "Kami harap progresnya semakin hari semakin panjang," kata dia.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, pembangunan ruas jalan tol tersebut melibatkan banyak subkontraktor. Selain itu, BPJT akan mengadakan program padat karya pada tahun ini. Rencananya, ada 5.800 tenaga kerja yang akan terserap."Sebagian besar merupakan subkontraktor lokal," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement