Pemerintah Belum Putuskan, Karantina 2 Pekan Hanya Berlaku Bagi India

Ameidyo Daud Nasution
5 Juni 2021, 20:03
covid, virus corona, satgas, karantina
ANTARA FOTO/Saiful Bahri/hp.
Pekeja Migran Indonesia (PMI) menjalani masa karantina sebelum pulang ke kampung halamannya di Islamic Center, Pamekasan, Jawa Timur, Jumat (4/6/2021). Pemerintah belum memutuskan kebijakan karantina 14x24 jam bagi pelaku perjalanan internasional.

Pemerintah belum memutuskan pasti apakah karantina 14x24 jam akan berlaku bagi pelaku perjalanan luar negeri. Saat ini mereka yang datang dari luar negeri masih harus menjalani isolasi selama 5x24 jam demi mencegah Covid-19.

Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Susiwijono Moegiarso mengatakan kebijakan karantina berdurasi 14x24 jam hanya berlaku bagi mereka yang datang dari India.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan akan ada surat edaran Satgas yang mengatur ketentuan karantina 14x24 jam dari negara yang mengalami krisis corona.

“Keputusan ini masih dibahas lebih lanjut dalam rapat rutin Komite PC-PEN yang setiap minggu dilaporkan di Ratas Kabinet untuk mendapatkan arahan,” kata Susiwijono dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/6).

Pemerintah masih membahas apakah pelaku perjalanan dari Pakistan dan Filipina perlu menjalankan karantina selama dua pekan. Mereka mempertimbangkan banyak aspek seperti sisi ekonomi maupun hubungan antar negara.

“Banyak aspek yang harus dipertimbangkan, yang utama tetap untuk pengendalian Covid-19 namun harus mempertimbangkan pemulihan ekonomi,” kata Susiwijono.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...