Jokowi Targetkan RI Mampu Ekspor LRT ke Negara Lain

Rizky Alika
9 Juni 2021, 12:28
jokowi, lrt, kereta, jabodetabek, transportasi, ekspor
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Seorang masinis mengoperasikan kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) saat pelaksanaan uji coba lintasan LRT Jabodebek TMII-Cibubur di Jakarta, Rabu (11/11/2020).Presiden Jokowi menargetkan RI mampu ekspor LRT ke negara lain.

Presiden Joko Widodo memantau perkembangan pembangunan kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) di Jabodebek. Ia pun berharap, Indonesia bisa mengekspor LRT ke negara lain lantaran seluruh proses pembangunannya dilakukan di Indonesia. 

"Kita ekspor kereta ke Bangladesh dan Filipina. Kami harapkan LRT juga seperti itu," kata Jokowi di Stasiun LRT Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (9/6).

 Seluruh pengembangan kereta ringan ini dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara  (BUMN), yakni PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA. Sementara,  konstruksi dilakukan oleh PT Adhi Karya (Persero).

Operasionalnya akan dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI. Dengan demikian, perusahaan lokal telah memiliki pengalaman dalam membangun konstruksi LRT. 

Jokowi menargetkan, LRT Jabodebek akan diuji coba pada April 2022 serta operasional mulai Juni 2022. Saat ini, proses pembangunan LRT sudah mencapai 84,7%.

Mantan Wali Kota  Solo mengatakan, pembangunan LRT dilakukan untuk mengintegrasikan transportasi massal, seperti Moda Raya Terpadu (MRT), kereta bandara, hingga bus TransJakarta. Dengan demikian, masyarakat dapat berpergian secara efisien. "Nyaman sekali," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...