Menkes Targetkan Satu Juta Vaksinasi Covid-19/Hari Tercapai Awal Juli

Satu juta vaksinasi ditargetkan untuk mempercepat tercapainya herd immunity. Saat ini jumlah dosis vaksin Covid-19 yang diberikan telah mencapai 700 ribu per hari.
Ameidyo Daud Nasution
21 Juni 2021, 17:49
satu juta vaksinasi, satu juta vaksin, vaksinasi covid, vaksin covid, covid-19, corona
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Petugas medis menunjukkan vaksin sinopharm di Sentra Vaksinasi Gotong Royong Perbanas, Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Sabtu (19/6/2021). Menteri Kesehatan Budi G Sadikin mengatakan target satu juta vaksin Covid per hari bisa tercapai awal juli 2021.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan satu juta vaksinasi Covid-19 per hari di Indonesia bisa  tercapai pada awal Juli mendatang. Saat ini jumlah suntikan vaksin per harinya telah mencapai 700 ribu dosis per hari.

Budi mengatakan target tersebut juga disampaikan Presiden Joko Widodo yang disampaikan saat rapat terbatas penanganan Covid-19, Senin (21/6). Ia optimis target bisa tercapai lantaran adanya kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia serta Polri.

“Kami menggerakkan semua komponen baik daerah maupun TNI-Polri dan percaya bahwa sejuta per hari bisa tercapai awal Juli,” kata Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (21/6).

Budi menyampaikan angka vaksinasi telah mencapai 716 ribu per dosis pada Kamis (17/6) lalu. Oleh sebab itu pemberian vaksin akan terus dipacu sesuai arahan Presiden. “Arahan Presiden ada dua, memperkuat implementasi PPKM Mikro dan mempercepat vaksinasi,” katanya.

Advertisement

Sedangkan dari sisi hilir, pemerintah akan mengurangi mobilitas masyarakat dengan memperkuat PPKM. Beberapa di antaranya, membatasi jam buka pusat perbelanjaan hingga 75 persen bekerja dari rumah bagi mereka yang berada di zona merah corona.

“Yang paling penting mengurangi 75 persen sampai 100 persen mobilitas tergantung kegiatan dan daerahnya,” kata mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu.

Indonesia juga telah kedatangan 10 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk bulk atau bahan baku produksi pada Minggu (20/6). Dengan tambahan ini, Pemerintah sudah mengamankan total 104,7 juta vaksin Covid-19, 91,5 juta dosis di antaranya dalam bentuk bahan baku.

 "Kita kedatangan lagi 10 juta vaksin dalam bentuk bulk atau bahan baku sehingga ada total 91 juta vaksin bulk yang akan diproduksi menjadi vaksin jadi," ujar Sekjen Kementerian Kesehatan Oscar Primadi, Minggu (20/6) dalam siaran pers.

 Ia memastikan, pemerintah terus berupaya mengamankan kebutuhan vaksin yakni 426,8 juta dosis vaksin. Upaya ini dilakukan melalui pendekatan bilateral, multilateral, maupun eksplorasi produk dalam negeri.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait