Jelang Perayaan HUT RI, Jokowi Kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera 2021

Jokowi mengukuhkan 68 orang anggota Paskibraka yang akan mengibarkan merah Putih pada HUT RI 17 Agustus mendatang. Pasukan ini dipimpin Febitri Nur Tsabitah dari SMA 42 Jakarta
Image title
12 Agustus 2021, 19:38
jokowi, paskibra, HUT RI
Katadata
Presiden Joko Widodo saat mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2021 di halaman istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/8). Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2021 yang akan mengibarkan Bendera Merah Putih saatupacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI pada 17 Agustus mendatang.  Pengukuhan dilakukan di halaman depan Istana Merdeka pada Kamis (12/8).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Presiden. Kemudian Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali membacakan pengantar pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka yang menandakan selesainya latihan Paskibraka.

"Pada hari ini kita telah selesaikan pelatihan Paskibraka dengan selamat," kata Zainudin saat membacakan pengantar pengukuhan di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/8).

 Pengukuhan pun ditandai dengan pengucapan ikrar yang dipimpin Zainudin. Pemimpin upacara, Febitri Nur Tsabitah mengikuti ucapan ikrar bersama dengan seluruh Paskibraka.

Advertisement

"Kami putra Indonesia, bernegara satu, negara kesatuan Republik Indonesia. Kami putra Indonesia menjaga idelogi negara, ideologi Pancasila," demikian penggalan ucapan ikrar tersebut.

Jokowi pun membacakan pernyataan pengukuhan sebelum memberikan ucapan selamat kepada masing-masing anggota Paskibraka."Saya mengukuhkan Saudara-saudara sebagai pasukan pengibar bendera pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2021," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/8). 

Jokowi mengukuhkan anggota Paskibraka pengibar Merah Putih saat HUT RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/8) Foto: Muchlis Jr, Biro Pers Se
Jokowi mengukuhkan anggota Paskibraka pengibar Merah Putih saat HUT RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/8) Foto: Muchlis Jr, Biro Pers Sekretariat Presiden 

 

 

Sebagaimana diketahui, Paskibraka tersebut berjumlah 68 orang. Setiap provinsi memberikan perwakilan dua orang yang terdiri dari satu laki-laki dan satu perempuan. Adapun, Febitri sebagai pemimpin upacara merupakan siswa berasal dari SMA Negeri 42 Jakarta.

Upacara akan ditayangkan secara virtual. Pemerintah pun telah meluncurkan Rumah Digital Indonesia yang dapat diakses selama satu bulan penuh, yaitu 1-31 Agustus 2021.

Staf Khusus Presiden Putri Indahsari Tanjung mengatakan, Rumah Digital Indonesia akan menjadi wadah untuk merayakan aktivitas kemerdekaan secara daring, mulai dari lomba hingga pertunjukan konser. Kegiatan virtual tersebut dapat dikunjungi melalui tautan rumahdigitalindonesia.id.

"Semangat tahun ini berbeda karena pandemi. Tapi spirit kemerdekaan harus ada. Ketika di rumah saja, teknologi mempertemukan kita," kata Putri Tanjung dalam konferensi pers secara daring, Jumat (30/7).

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait