Jelang Perayaan HUT RI, Jokowi Kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera 2021

Rizky Alika
12 Agustus 2021, 19:38
jokowi, paskibra, HUT RI
Katadata
Presiden Joko Widodo saat mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2021 di halaman istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/8). Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2021 yang akan mengibarkan Bendera Merah Putih saatupacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI pada 17 Agustus mendatang.  Pengukuhan dilakukan di halaman depan Istana Merdeka pada Kamis (12/8).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Presiden. Kemudian Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali membacakan pengantar pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka yang menandakan selesainya latihan Paskibraka.

"Pada hari ini kita telah selesaikan pelatihan Paskibraka dengan selamat," kata Zainudin saat membacakan pengantar pengukuhan di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/8).

 Pengukuhan pun ditandai dengan pengucapan ikrar yang dipimpin Zainudin. Pemimpin upacara, Febitri Nur Tsabitah mengikuti ucapan ikrar bersama dengan seluruh Paskibraka.

"Kami putra Indonesia, bernegara satu, negara kesatuan Republik Indonesia. Kami putra Indonesia menjaga idelogi negara, ideologi Pancasila," demikian penggalan ucapan ikrar tersebut.

Jokowi pun membacakan pernyataan pengukuhan sebelum memberikan ucapan selamat kepada masing-masing anggota Paskibraka."Saya mengukuhkan Saudara-saudara sebagai pasukan pengibar bendera pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2021," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/8). 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...