Beredar Kabar Jokowi Akan Reshuffle Kabinet, Siapa yang Tergeser?

Image title
25 Agustus 2021, 18:06
reshuffle, reshuffle kabinet, jokowi
ANTARA FOTO/HO/Setpres-Agus Suparto/wpa/hp.
Presiden Joko Widodo (kanan) memimpin upacara pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Presiden Joko Widodo mengumpulkan para petinggi partai politik koalisi pemerintah pada Rabu (25/8) sore.  Hajatan itu berlangsung di tengah kembali berhembusnya kabar kocok ulang alias reshuffle kabinet dalam waktu dekat ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata.co.id, Jokowi beberapa kali membahas rencana kocok ulang kabinet dengan pimpinan partai koalisi. Bahkan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dikabarkan telah memberikan beberapa pertimbangan kepada Presiden.

Kabar yang beredar, kocok ulang akan menyasar sektor pertahanan dan keamanan. Hal ini dipicu dengan masa  pensiun Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto pada November mendatang.

Namun Hadi dikabarkan akan diganti pada Agustus atau September untuk memberi jalan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Mantan Kepala Staf Angkatan Udara itu disebut-sebut bakal menjadi Kepala Staf Presiden menggantikan Moeldoko.

Keluarnya Moeldoko dari Kabinet diambil Jokowi untuk menghindari kesan dukungan politik dalam konflik di Partai Demokrat. Apalagi mantan Panglima TNI itu berpeluang merebut pimpinan partai berlambang Mercy lewat Pengadilan Tata Usaha Negara.

Skenario lainnya,  Jokowi akan menempatkan Andika Prakasa sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Sedangkan Budi Gunawan akan diplot menduduki kursi salah satu menteri koordinator. "Reshuffle kabinet juga akan menyasar kursi menteri lain pada akhir Agustus ini. Kalau tidak, mundur ke Oktober," kata seorang sumber Katadata.co.id.

Namun, kabar akan adanya kocok ulang ini dibantah oleh pihak Istana Kepresidenan. Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi belum dijadwalkan melantik pejabat baru. "Belum ada," katanya pada Selasa (24/8).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...