Harga Baru Tes Antigen Covid-19 Rp 99 Ribu, Luar Jawa-Bali Rp 109 Ribu

Ameidyo Daud Nasution
1 September 2021, 18:51
antigen, tes, covid-19
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Petugas medis (kiri) melakukan tes usap antigen kepada calon penumpang KRL (Kereta Rel Listrik) di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Senin (21/6/2021). PT KAI Commuter melakukan tes acak kepada penumpang KRL dari tanggal 21-27 Juni 2021 guna mencegah penyebaran wabah COVID-19. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

Pemerintah memutuskan menurunkan batas atas harga rapid tes antigen menjadi Rp 99 ribu untuk Jawa Bali dan Rp 109 ribu untuk luar Jawa Bali. Hal tersebut dilakukan setelah mengevaluasi harga tes Covid-19 yang ditetapkan tahun lalu itu.

Kementerian Kesehatan beralasan, penyesuaian harga dilakukan seiring turunnya harga komponen tes antigen. Beberapa di antaranya adalah harga reagen, biaya jasa, hingga administrasi.

Sebelumnya, batas atas harga tes antigen di Jawa mencapai Rp 250 ribu. Sedangkan harga maksimal di luar Jawa sebesar Rp 275 ribu. "Kami mohon semua fasilitas kesehatan baik rumah sakit, laboratorium, memenuhi batasan tarif," kata kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Prof Abdul Kadir dalam konferensi pers virtual, Senin (16/8).

Selain itu Kadir juga meminta Dinas Kesehatan di Provinsi, Kabupaten, dan Kotamadya mengawasi batasan tarif baru ini. "Pemerintah akan terus mengevaluasi batasan biaya rapid tes PCR dan antigen," katanya.

Sedangkan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyatakan turunnya biaya antigen telah mempertimbangkan harga pasar komponen yang digunakan. Mereka juga terus melakukan audit terhadap pembentukan tarif tes tersebut.

"Misalnya (biaya) alat pelindung diri (APD) dengan sumber harga audit BPKP, memperhatikan e-katalog, dan harga pasar," kata Deputi Bidang Pengawasan Pertahanan dan Keamanan BPKP Faisal di kesempatan yang sama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...