Krakatau Steel dan Posco Investasi Pabrik Baja Rp 52 T mulai 2022

Rizky Alika
21 September 2021, 14:58
Krakatau steel, baja, posco, industri
Arief Kamaludin | Katadata
Logo Krakatau Steel di Cilegon, Rabu, (26/11).

Untuk itu, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan Pohang Iron and Steel Company (Posco) Korea Selatan akan mengucurkan dana sebesar US$ 3,7 miliar atau setara Rp 52,6 triliun (kurs Rp 14.237/US$) untuk mengembangkan klaster industri baja di Cilegon. Dalam tahap awal, mereka menyiapkan US$ 700 juta atau Rp 9,96 triliun pada 2022 untuk memulai pembangunan pabrik produk turunan Hot Rolled Coil (HRC) tersebut.

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim mengatakan setelah itu  investasi akan dilanjutkan sebesar US$ 3 miliar atau 42,71 triliun untuk menambah fasilitas produksi baja di hulu. Dengan fasilitas baru tersebut, maka perseroan menargetkan produksi baja mereka bisa mencapai 10 juta ton pada 2025 mendatang.

"Klaster baja 10 juta ton akan terealisasi karena pada 2022, Krakatau Steel bersama Posco Korea akan melakukan investasi baru yang besarnya US$ 700 juta," kata Silmy saat peresmian pabrik Hot Strip Mill #2 di Cilegon, Selasa (21/9). Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci terkait rencana investasi tersebut. 

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menargetkan klaster industri baja 10 juta ton per tahun di Cilegon bisa terwujud pada empat tahun mendatang. Tak hanya itu, Presiden juga memerintahkan para menteri mendukung langkah Krakatau Steel ini.

Apalagi saat ini keuangan Krakatau Steel saat ini sudah semakin sehat usai melakukan transformasi dan restrukturisasi. Dengan demikian, perusahaan pelat merah pada industri tersebut bisa menghasilkan keuntungan secara berkelanjutan.

Selain itu, produksi baja juga semakin lancar. Oleh karenanya, produksi tersebut diharapkan bisa menekan impor baja dari negara lain serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. "Untuk itu, saya memberikan perhatian besar pada industri baja ini," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...