RI Terima 684.900 Dosis AstraZeneca, Vaksinasi Remaja - Lansia Dikebut

Ameidyo Daud Nasution
22 September 2021, 15:16
Astrazeneca, vaksin, covid-19
RYIADHY/INFOPUBLIK/KOMINFO
Kedatangan vaksin AstraZeneca tahap 73 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (22/9).

Pemerintah menerima kedatangan vaksin Covid-19 AstraZeneca sebanyak 684.900 dosis pada Rabu (22/9). Dengan tambahan tahap 73 ini maka Indonesia telah mengantongi 268,2 juta dosis vaksin corona.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan dengan tambahan stok ini, pemerintah akan mendorong remaja dan lansia menjalani vaksinasi. Dia menyampaikan, saat ini capaian vaksinasi sasaran kelompok usia 12 sampai 17 tahun baru mencapai 12,6% untuk dosis pertama dan 8,6% untuk dosis kedua.

“Mari kita antar anak-anak kita vaksinasi agar semakin banyak anggota keluarga terlindungi,” kata Nadia dalam keterangan tertulis Kementerian komunikasi dan Informatika, Rabu (22/9).

Selain itu dia menyoroti angka vaksinasi lansia yang masih rendah. Dari 21,5 juta sasaran, baru 27,7% yang mendapatkan vaksin pertama dan 19,4% mendapat dosis lengkap. Oleh sebab itu Kemenkes meminta petugas di daerah memberikan kemudahan akses dan layanan.

“Karena kita ketahui, kelompok lansia memiliki risiko kematian tertinggi jika terinfeksi Covid-19,” kata Nadia.

Nadia juga menjelaskan tambahan AstraZeneca ini menambah pasokan vaksin merek tersebut menjadi 24,5 juta dosis. Pemerintah juga akan berkolaborasi dengan banyak pihak untuk mendistribusikan vaksin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...