Jokowi Targetkan Rehabilitasi Mangrove Kerek Pendapatan Warga Pesisir

Rizky Alika
23 September 2021, 14:37
jokowi, mangrove, iklim
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo membacakan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR pada Senin (16/8)

Presiden Joko Widodo menargetkan rehabilitasi mangrove akan mencapai 34 ribu hektare di seluruh Indonesia pada tahun ini. Jokowi berharap tanaman tersebut bisa menahan gelombang sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir pantai.

Jokowi mengatakan mangrove dapat memperbaiki lingkungan pesisir serta memperbaiki habitat di daerah pantai. Hal tersebut diharapkan bisa meningkatkan produksi ikan dan produksi hasil laut lainnya.

Dengan demikian, pendapatan masyarakat di pesisir pantai akan ikut meningkat.  "Ini kepiting tadi kami dapat dua," ujar Jokowi menanam mangrove di Desa Tritih Lor, Cilacap Utara, Kamis (23/9).

Adapun fungsi utama tanaman tersebut adalah mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, dan menghambat intrusi air. Selain itu, rehabilitasi mangrove diharapkan dapat mengantisipasi perubahan iklim yang tengah terjadi.

"Rehabilitasi mangrove akan terus kita lakukan, baik oleh badan restorasi gambut dan mangrove dan juga oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," kata Jokowi usai 

Pada kesempatan itu, Jokowi turut didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Hartono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...