Kemenkes Beri Vaksin Dosis Ketiga Jika Target 70% Vaksinasi Tercapai

Rizky Alika
29 September 2021, 18:23
vaksin, boosterm covid-19
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.
Petugas medis menunjukkan vaksin Moderna saat vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (13/8/2021). Sebanyak 3000 tenaga kesehatan di Sidoarjo mendapatkan vaksinasi tahap ketiga sebagai booster agar antibodi di dalam tubuh membentuk sistem imun yang kuat. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.

Pemerintah berencana memulai pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga pada tahun depan. Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan Prima Yosephine mengatakan, booster akan dimulai apabila vaksinasi dosis pertama masyarakat sudah mencapai 70%.

Pemerintah menargetkan target 70% vaksinasi bisa tercapai pada akhir 2021. Namun jika sasaran meleset, mereka berharap target tersebut dapat terkejar paling lambat pada triwulan I 2022.

"(Booster dilakukan apabila vaksinasi) minimal 70%," kata Prima dalam Katadata Forum Virtual Series, Rabu (29/9). 

Pemerintah juga masih mengkaji tentang perlunya booster vaksinasi Covid-19. Kajian mengacu studi terkait penurunan imunitas pada orang yang telah divaksin dosis kedua lebih dari enam bulan.

Selain itu Kemenkes juga masih mengikuti uji coba vaksin Sinovac yang dilaksanakan di Bandung. Prima mengatakan pihaknya berdiskusi bersama dengan para ahli, seperti Imunisasi Nasional dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

"Kebijakan diambil dengan hati-hati dan cermat dengan studi yang lebih komprehensif," ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menargetkan pembahasan vaksinasi dosis ketiga untuk masyarakat umum rampung pada pekan depan. Booster akan diberikan secara gratis dan berbayar.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...