Indonesia Terima Donasi 796 Ribu Vaksin AstraZeneca dari Italia

Dengan kedatangan AstraZeneca hari ini maka RI telah mengantongi 274,4 juta vaksin Covid-19
Ameidyo Daud Nasution
30 September 2021, 19:53
astrazeneca, italia, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 AstraZeneca di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan mulai menggunakan vaksin AstraZeneca bagi warga yang baru akan divaksin atau mendapatkan dosis pertama vaksinasi.

Pemerintah menerima kedatangan 796.900 vaksin Covid-19 AstraZeneca bantuan dari Italia pada Kamis (30/9). Donasi tersebut diserahkan lewat skema vaksin global yakni COVAX.

Dengan kedatangan AstraZeneca tersebut, maka pemerintah telah mengantongi 274,4 juta dosis vaksin corona. Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi berterima kasih kepada Italia atas sumbangan ratusan ribu serum kekebalan ini.

Retno juga mengatakan bahwa pemerintah akan terus bekerja mengamankan kebutuhan vaksin bagi masyarakat. Saat ini RI telah memberikan 140 juta dosis vaksin kepada penduduk.

“Saya juga langsung mengirim pesan kepada Menteri Luar Negeri Italia untuk menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang diberikan,” kata Retno dalam keterangan tertulis Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis (30/9).

 

Indonesia juga akan menerima 600 ribu vaksin AstraZeneca dari Prancis pada Sabtu (2/10). Dengan tambahan ini, maka RI telah mendapatkan 3,1 juta vaksin dari negara tersebut.

Retno mengatakan selain kesetaraan akses vaksin, Indonesia akan memberi masukan untuk menata ulang sektor kesehatan dunia agar siap menghadapi tantangan seperti pandemi di masa depan. RI juga terus melawan diskriminasi dan politisasi terhadap vaksin.

“Kami terus suarakan termasuk dalam pertemuan Dewan Gavi dengan para co-chairs COVAX AMC Engagement Group di mana Menlu RI jadi salah satu ketuanya,” katanya.

Sedangkan Duta Besar Italia untuk RI, Benedetto Latteri mengatakan pemberian vaksin menunjukkan dukungan kepada Indonesia dalam menghadapi corona. Apalagi pemerintah saat ini sedang berusaha mempercepat vaksinasi.

“Italia telah melipatgandakan sumbangan ke negara berpenghasilan rendah dan menengah lewat Fasilitas COVAX dari 15 menjadi 45 juta dosis pada akhir 2021,” kata Latteri.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait