Uji Klinis Menjanjikan, Molnupiravir Diyakini Mampu Lawan Covid-19

Rizky Alika
5 Oktober 2021, 19:45
Molnupiravir, obat covid-19
Antara
Obat eksperimental yang dikembangkan Merck, Molnupiravir. Foto: Antara

Sejumlah negara termasuk Indonesia mulai mendekati Merck untuk mendapatkan pasokan Molnupiravir. Ahli farmasi juga optimis  obat ini bisa efektif menjadi antivirus Covid-19.

Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Zullies Ikawati mengatakan, uji klinis yang dilakukan oleh Merck cukup menjanjikan. Obat ini bekerja dengan mengacaukan kode genetik virus agar tidak bereplikasi di tubuh inang.

"Karena dari hasil uji klinisnya, dia bisa menekan sampai 50% untuk pergerakan Covid-19," kata Zullies kepada Katadata.co.id Selasa (5/10).

Merck melakukan uji klinik terhadap 1.850 subjek, namun baru 775 yang sudah diteliti pada uji klinis fase 3. Subjek itu dibagi menjadi dua kelompok, yaitu penerima plasebo dan yang mengonsumsi Molnupiravir. Dosis yang digunakan terbagi menjadi tiga, yaitu 200 mg, 400 mg, dan 800 mg  dan diberikan dua kali sehari selama 5 hari.

Hasilnya, 7,3% subjek yang menerima Molnupiravir meninggal atau dirawat di rumah sakit. Sementara, 18% subjek yang menerima plasebo dirawat di rumah sakit atau meninggal dunia.

Zullies menilai hasil yang telah ada menunjukkan obat tersebut memiliki kerja yang bagus meskipun uji klinis belum selesai. Sedangkan Data and Safety Monitoring Board, yaitu tim ahli akan terus memantau perkembangan Molnupiravir. "Jadi uji klinis tidak harus selesai," ujar dia.

Selain Molnupiravir, ada Favipiravir dan Remdesivir sebagai obat antivirus Covid-19 yang telah mendapatkan persetujuan penggunaan darurat. Zullies memperkirakan, Molnupiravir sebanding dengan Favipiravir lantaran keduanya bekerja pada RNA-dependent polymerase.

Selain itu, keduanya sama-sama digunakan dalam rentang waktu lima hari. Namun, ia belum mengetahui dosis ideal penggunaan Molnupiravir sebagai alternatif pengobatan. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...