100 Juta Orang di RI Telah Terima Dosis Pertama Vaksin Covid-19

Dari angka tersebut, sebanyak 57 juta orang telah mendapatkan dosis vaksin lengkap
Ameidyo Daud Nasution
12 Oktober 2021, 06:00
vaksin, covid-19, corona
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Tenaga medis memasukkan cairan vaksin sinovac ke dalam jarum suntik saat vaksinasi Covid-19 di SMKN 1 Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, (29/9/2021). Pemerintah menggencarkan program vaksinasi bagi pelajar untuk mendukung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di sejumlah daerah.

Jumlah cakupan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah semakin besar. Bahkan angka pemberian vaksin corona dosis pertama pada akhir pekan lalu telah mencapai 100 juta dosis.

Dari angka tersebut, sebanyak 57 juta orang telah mendapatkan dosis vaksin lengkap. Angka ini tercapai 10 bulan sejak program vaksinasi dimulai yakni 13 Januari 2021.

“Pemerintah mengapresiasi seluruh pihak yang bekerja keras menyukseskan program vaksinasi,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam keterangan tertulis Kemenkominfo, Senin (11/10).

 

Tak hanya itu, Johnny mengapresiasi capaian vaksinasi kelompok lansia yang terus meningkat. Hingga Minggu (10/11), sebanyak 7 juta lansia telah mendapatkan vaksin corona.

Dari angka tersebut, sebanyak 4,6 juta telah mendapatkan dosis lengkap. “Tetap perlu dipercepat agar kelompok lansia terlindungi,” ujarnya.

Selain itu pemberian vaksin dosis pertama untuk remaja telah mencapai 4 juta orang. Dari angka tersebut, 2,8 juta orang telah mendapatkan suntikan lengkap.

“Ajak anak kita yang sudah remaja mendapatkan vaksin Covid-19 agar mereka supaya mereka terlindungi,” ujarnya.

Pemerintah juga akan berusaha mencapai sasaran vaksinasi 70% penduduk pada akhir tahun ini. Oleh sebab itu Johnny mengajak smeua pihak berusaha mencapai target tersebut.

“Pemerintah juga mengimbau disiplin memakai masker, jangan lengah karena masih ada negara lain dengan peningkatan kasus,” ujarnya.

Dari data Kementerian Kesehatan, sebanyak 100,3 juta orang telah mendapatkan vaksin Covid-19. Angka tersebut setara dengan 48,1% sasaran penduduk.

Sedangkan 57,6 juta orang telah mendapatkan suntikan kekebalan dosis lengkap. Angka ini setara dengan 27,6% sasaran yang dicanangkan pemerintah.

Di luar itu, sebanyak satu juta orang juga telah menerima suntikan tambahan alias booster vaksin. Angka ini setara dengan 69,4% dari target vaksinasi ketiga.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait