Indonesia Terima Lagi 2 Juta Dosis Pfizer, Total Vaksin 280 Juta Dosis

Image title
Oleh Maesaroh
10 Oktober 2021, 13:58
Pfizer, vaksin, vaksin virus corona, geraakn 3M
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/pras.
Petugas mengangkat kotak berisi vaksin Pfizer sesaat setelah tiba di Bandara Supadio di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (2/10/2021). ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/pras.

Indonesia kembali mendatangkan 2.000.700 vaksin Pfizer.  Dengan tambahan Pfizer ini maka  total vaksin Covid-19  yang sudah didatangkan Indonesia mencapai 280,53 juta dosis.

Kedatangan vaksin Pfizer merupakan tahapan ke-87.  Vaksin dalam bentuk jadi tersebut akan langsung didistribusikan ke 12 provinsi.

"Pembelian vaksin ini untuk menjaga stok vaksin di tanah air. Saat ini vaksin yang diterima Indonesia 280.527.920 vaksin baik dalam bentuk bulk atau bahan baku maupun vaksin jadi," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, Minggu (10/10).

Vaksin tiba melalui dua bandara, yakni Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten dan Juanda Jawa Timur. 

Vaksin yang tiba melalui Bandara Soekarno-Hatta akan didistribusikan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepulauan Riau, Dinkes Jambi, Dinkes Bengkulu, Dinkes Riau, Dinkes Sumatera Utara, Dinkes Aceh, Dinkes Nusa Tenggara Timur, Dinkes Kalimantan Selatan, Dinkes Nusa Tenggara Barat, Dinkes Gorontalo, dan Dinkes Jawa Barat.

 Sementara itu, vaksin yang tiba di Bandara Juanda akan didistribusikan ke Dinkes Jawa Timur.  

Kedatangan vaksin di dua bandara tersebut diharapkan bisa terus mengoptimalkan percepatan penyebarluasan vaksin ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk ke masyarakat terpencil dan terluar.

"Pemerintah terus berupaya keras dalam mengamankan stok vaksin dan mempercepat distribusinya ke seluruh Indonesia termasuk distribusi yang dikirimkan langsung ke propinsi untuk memperpendek rantai distribusi dan mempercepat akses serta pemerataan berbagai jenis/merek vaksin bagi seluruh masyarakat," kata Nadia.

Pemerintah mengajak seluruh masyarakat segera divaksinasi, tidak perlu pilih-pilih vaksin, karena semua vaksin aman dan berkhasiat.

Di luar vaksinasi,  masyarakat juga diminta tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

"Karena vaksin bukan satu-satunya tameng untuk melindungi dari COVID-19 pada saat kita melakukan aktivitas di ruang publik," tuturnya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...