Lebih Cepat, Hasil Tes PCR di Bandara Soetta Bisa Keluar dalam 3 Jam

Ameidyo Daud Nasution
24 Oktober 2021, 18:56
tes pcr, bandara, bandara soekarno hatta
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Seorang warga untuk memasuki ruangan untuk menjalani tes usap PCR di kawasan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (19/8/2021). Foto; Antara

PT Angkasa Pura II (Persero) akan mempercepat penumpang pesawat mengetahui lebih cepat hasil tes polymerase chain reaction (PCR) di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Hal ini seiring tes tersebut yang menjadi syarat penerbangan dari dan ke Jawa serta Bali.

Mulai hari ini, layanan tes PCR drive thru Airport Health Center Terminal 3 dapat diketahui dalam waktu tiga jam. Sebelumnya, hasl tes baru baru bisa didapatkan penumpang dalam waktu 1x24 jam.

“Penumpang yang tes dan menunjukkan tiket penerbangan pada hari yang sama dengan tes dapat mengetahui hasil tes PCR dalam waktu kisaran tiga jam,” kata SM of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi dikutip dari Antara, Minggu (24/10).

Pemangkasan waktu tes PCR ini dapat dilakukan setelah sejumlah pemangku kebijakan di bandara berkoordinasi. Meski demikian, hasil tes yang dilakukan di titik lain seperti walk in service dan pre-order service di Terminal 3, serta walk in service, pre-order service, dan drive thru service di Terminal 2 masih memakan waktu 1x24 jam.

Sedangkan harga tes PCR masih sesuai ketentuan pemerintah yakni Rp 495 ribu. Holik juga mengatakan tak ada perbedaan harga tes meski ada perbedaan kecepatan mengakses hasilnya.

“Ini merupakan upaya agar protokol kesehatan dipenuhi setiap calon penumpang,” kata Holik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...