Vaksin Covid-19 Moderna Diklaim Efektif untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Saat ini otoritas AS baru mengizinkan penggunaan vaksin Moderna bagi orang dewasa di atas usia 18 tahun
Image title
26 Oktober 2021, 17:53
Moderna, vaksin, anak, covid-19
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Vaksin Covid 19 Moderna

Sejumlah raksasa farmasi masih mengkaji penggunaan vaksin Covid-19 untuk anak usia di bawah 12 tahun. Salah satu di antaranya yakni Moderna Inc menyatakan vaksin buatan mereka mampu  menghasilkan respons kekebalan yang kuat pada anak-anak berusia 6 hingga 11 tahun.

Seperti dikutip dari Reuters pada Selasa (26/10), Moderna mengatakan vaksin dosis lengkapnya menghasilkan antibodi untuk menetralisir virus pada anak-anak. Oleh sebab itu mereka berencana untuk mengirimkan data hasil pengujian ke regulator global. 

Selain itu keamanan vaksin tersebut menunjukkan hasil yang sebanding dengan uji klinis remaja dan orang dewasa. Meski demikian, data sementara yang didapatkan belum ditelaah oleh rekan sejawat (peer review).

 

Advertisement

Namun, masih belum jelas kapan regulator AS akan mempertimbangkan suntikan vaksin Moderna bagi anak. Saat ini, vaksin tersebut baru diizinkan penggunaannya untuk orang dewasa di atas usia 18 tahun, sedangkan izin untuk anak-anak usia 12-17 tahun masih menunggu lampu hijau.

Moderna mengatakan uji coba dilakukan terhadap 4.753 peserta. Sedangkan efek samping yang paling umum adalah kelelahan, sakit kepala, demam dan nyeri di tempat suntikan.

Adapun, suntikan dilakukan dengan dosis 50 mikrogram, setengah dari dosis yang digunakan dalam vaksin utama untuk orang dewasa. Jumlah tersebut sama dengan dosis booster yang diizinkan untuk orang dewasa.

Namun Moderna tidak mengungkapkan informasi baru terkait kasus peradangan jantung atau miokarditis. Sebagaimana diketahui, vaksin mRNA Moderna dan Pfizer sempat dikaitkan dengan miokarditis pada pria muda.

Sebagai informasi, anak-anak yang terpapar Covid-19 jarang mengalami sakit parah atau meninggal.  Namun adanya varian Delta juga menjadi risiko bagi anak- anak lantaran mereka dapat menyebarkan virus, menginfeksi orang yang tidak dilindungi oleh vaksin, dan memberikan ruang pada virus untuk bermutasi.

Selain Moderna, hasil uji klinis vaksin Pfizer/BioNTech Covid-19 terhadap anak berusia 5 tahun hingga 11 tahun juga menunjukkan efikasi atau kemanjuran terhadap virus corona mencapai 90,7%. 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait