Usai Agenda G20, Jokowi Tiba di Glasgow untuk Hadiri KTT COP26

Rizky Alika
1 November 2021, 09:27
jokowi, ktt COP26, perubahan iklim
Antara
Presiden Joko Widodo saat melanjutkan lawatan luar negeri ke Glasgow, Inggris, Minggu (31/10). Foto; Antara

KTT Perubahan Iklim ke-26 atau COP 26 di Glasgow, Skotlandia akan dimulai pada awal November. Presiden Joko Widodo telah tiba di Glasgow pada Minggu (31/10) untuk menghadiri agenda tersebut.

Jokowi disambut oleh Duta Besar RI untuk Britania Raya merangkap Republik Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Desra Percaya, Atase Pertahanan Republik Indonesia di Britania Raya, Kolonel Czi Ranon Sugiman, serta pejabat pemerintahan setempat. Presiden langsung menuju rangkaian kendaraan yang telah disiapkan untuk kemudian menuju hotel tempatnya bermalam selama berada di Glasgow. 

Presiden bertolak ke Inggris usai menyelesaikan agendanya di KTT G20 Roma, Italia. Adapun perjalanan Roma menuju Glasgow ditempuh dalam waktu tiga jam. 

“Presiden Joko Widodo dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Glasgow Prestwick, Skotlandia, pada Minggu, 31 Oktober 2021, sekitar pukul 21.40 waktu setempat,” demikian tertulis dalam keterangan pers, Senin (1/11). 

Dalam kunjungannya ke Inggris Raya, Kepala Negara akan melakukan pertemuan dengan pimpinan dunia usaha Inggris yang telah berinvestasi di Indonesia. Presiden juga ajan menggelar sejumlah pertemuan bilateral dalam acara tersebut.

KTT yang dipimpin oleh Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson tersebut akan dihadiri oleh 121 kepala negara dan kepala pemerintahan. Jokowi memastikan, posisi Indonesia dalam isu perubahan iklim sangat konsisten.

“Kita tidak ingin ikut dalam retorika yang pada akhirnya tidak dapat kita jalankan,” ujar Jokowi dalam keterangannya di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Jumat (29/10).

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Glasgow antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...