Menkes Sebut Target Baru Vaksinasi dari Jokowi Sulit Tercapai

Rizky Alika
8 November 2021, 14:58
vaksinasi, vaksin, menkes, covid-19, jokowi
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal /aww.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah) didampingi Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kanan) dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soetta Darmawali Handoko (kiri) memberikan keterangan pers usai melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pekerja bandara di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/3/2021).

Presiden Joko Widodo terus menambah target vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Saat ini, Presiden meminta seluruh provinsi sudah menerima suntikan dosis pertama sebesar 60% dari jumlah penduduk pada November ini.

Selain itu, Jokowi minta 70% penduduk di setiap provinsi sudah disuntik dosis kedua pada Desember. Meski demikian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan sasaran terbaru ini cukup berat untuk dicapai "Ini agak berat," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Jakarta, Kamis (8/11).

Namun ia akan berupaya untuk mecapai target suntikan pertama mencapai 60% penduduk di setiap provinsi. Saat ini, hanya ada 13 provinsi yang sudah mencapai target tersebut.

Beberapa di antaranya ialah vaksinasi dosis pertama di Jakarta mencapai 133,21%, Bali 100,58%, Yogyakarta 94,2%, Kepulauan Riau 91,3%, Bangka Belitung 66,45%, dan Jawa Timur 64,41%.

Sedangkan, provinsi dengan capaian vaksinasi dosis pertama terendah ialah Papua Barat 35,82%, Maluku Utara 36,49%, Sulawesi Tengah 37,05%, Sulawesi Barat 38,4%, dan Riau 40,16%. Oleh sebab itu, pemerintah akan memprioritaskan vaksinasi pada wilayah tersebut.

Percepatan vaksinasi akan dilakukan dengan melibatkan TNI/Polri, kementerian/lembaga, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Pemerintah akan meminta dukungan sektor swasta dan LSM untuk menyisir vaksinasi di daerah sulit.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...