RI - Malaysia Bakal Buka Lagi Rute Perjalanan ke Jakarta dan Bali

Rizky Alika
10 November 2021, 17:52
malaysia, ismail sabri, jokowi
ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng/rwa/cf
Lim Huey Teng Suasana jalan kosong saat "lockdoen" akibat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (1/6/2021).

Indonesia dan Malaysia akan membuka Travel Corridor Arrangement (TCA) atau koridor perjalanan untuk meningkatkan perekonomian kedua negara. Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yakoob mengatakan, kedua negara akan membuka dua rute melalui skema TCA.

TCA bertujuan untuk memudahkan perjalanan untuk kegiatan bisnis, ketenagakerjaan, ekonomi, diplomatik, dan dinas. Indonesia juga melakukan kerja sama TCA dengan sejumlah negara.

"Mungkin kerangka awal kita mulai dengan Kuala Lumpur-Jakarta- Kuala Lumpur dan Kuala Lumpur-Bali -Kuala Lumpur," kata Ismail di Istana Bogor, Rabu (10/11).

Ismail juga membuka kerja sama Vaccinated Travel Lane bagi pelaku perjalanan luar negeri yang telah divaksinasi dosis lengkap. Dia berharap detail kerja sama TCA dapat dibahas dengan lebih cepat.

Sementara, Presiden Joko Widodo menyambut kerja sama TCA tersebut. Apalagi pemulihan ekonomi kedua negara mulai terlihat. "Secara bertahap, kita akan membuka satu per satu," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan hubungan kedua negara terus bergerak positif saat ini.  Presiden menjelaskan, nilai perdagangan Malaysia dan Indonesia tumbuh 49% pada Januari-Agustus 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...