Jokowi Lantik Andika Perkasa Jadi Panglima TNI Minggu Depan

Rizky Alika
11 November 2021, 15:11
Jokowi, panglima tni, andika perkasa
BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyetujui pencalonan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Selanjutnya, Presiden Joko Widodo akan melantik Andika Perkasa pada pekan depan.

Namun, Kepala Negara belum memastikan hari pelantikan Panglima TNI lantaran masih mencari hari baik. "Pelantikan Panglima TNI nanti minggu depan," kata Jokowi di Kampus Akademi Bela Negara, Jakarta, Kamis (11/11).

Sebelumnya rapat paripurna DPR telah menyetujui Andika sebagai Panglima TNI. Keputusan itu diambil setelah mendengarkan visi misi menantu AM Hendropriyono ini dalam uji kelayakan yang digelar pada Sabtu (6/11).

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan pemilihan Andika berdasarkan kalkulasi matang, salah satunya memperhitungkan senioritas. Moeldoko juga memastikan, penunjukkan panglima tidak selalu mengikuti tradisi rotasi matra.

Andika yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang berasal dari TNI Angkatan Udara. Namun, dua panglima sebelum Hadi berasal dari TNI AD, yaitu Moeldoko dan Gatot Nurmantyo.

"Tidak juga tradisi bersifat permanen. Jadi semua ada kalkulasi yang matang," kata Moeldoko di kantornya, Jakarta, Jumat (5/11).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...