Panglima TNI Akan Bahas Posisi Pangkostrad Baru dengan Jokowi

Rizky Alika
17 November 2021, 20:25
pangkostrad, andika perkasa, jokowi
Biro pers, media, dan informasi Setpres
Jenderal TNI Andika Perkasa saat dilandtik sebagai Panglima TNI pada Rabu (17/11) siang\

Jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad) masih kosong usai Jenderal TNI Dudung Abdurrachman menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan membicarakan posisi tersebut dengan Presiden Joko Widodo.

Salah satu nama yang dikabarkan memimpin Pangkostrad adalah Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Namun Andika mengatakan banyak nama yang layak untuk mengemban jabatan tersebut.

Advertisement

“Saya akan  lapor ke Presiden karena ini hubungannya lewat Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti),” kata Andika di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/11).

Andika mengaku tak mengantongi nama yang dijagokan sebagai calon Pangkostrad. Mantan Komandan Paspampres tersebut hanya akan menyiapkan data untuk diberikan kepada Jokowi. “Nanti diputuskan beliau (Presiden),” katanya.

Sedangkan pengamat militer Ade Muhammad mengatakan ada tiga jenderal bintang dua kandidat pengganti Dudung. Selain Maruli, calon lainnya adalah Pangdam Jaya Mulyo Aji dan Pangdam Cenderawasih Ignatius Yogo Triyono.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement