Prancis Akan Beri Indonesia Tambahan 1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca

Ameidyo Daud Nasution
24 November 2021, 19:05
prancis, vaksin, astrazeneca
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas medis menunjukan vaksin astrazeneca kepada warga RT 03/RW 03, Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur bersiap untuk melakukan suntik vaksin,Kamis (3/6/2021). Vaksinasi massal dilakukan usai ratusan orang dari kawasan tersebut terkonfirmasi positif Covid-19. Vaksinasi diberikan kepada warga yang sebelumnya telah dinyatakan negatif Covid-19 hasil swab PCR.

Prancis akan memberikan vaksin Covid-19 AstraZeneca sebanya satu juta dosis ke Indonesia. Sebelumnya negara tersebut telah menyumbangkan 3,8 juta vaksin ke RI untuk menangani virus corona.

Hal tersebut dikatakan Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi usai bertemu Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian di Jakarta, Rabu (24/11). Kedua negara sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang kesehatan terutama dalam menghadapi pandemi.

Advertisement

“Prancis adalah mitra penting Indonesia di Eropa, mitra dagang kelima terbesar dari Eropa dan investor terbesar kedua dari Eropa bagi Indonesia,” kata Retno dalam keterangan tertulis, Rabu (24/11).

Hal kedua yang dibahas adalah memperkuat rencana aksi kerja sama di sektor kesehatan, pertahanan, perubahan iklim, energi, serta maritim. RI dan Prancis bahkan berencana melakukan dialog maritim untuk pertama kalinya.

Prancis juga akan mendukung Indonesia untuk mempercepat transisi energi. Mereka juga berkomitmen membantu proyek transisi energi RI senilai 500 juta euro atau setara Rp 8 triliun. “Kolaborasi diperlukan untuk mendukung proses tersebut,” kata Retno.

Indonesia dan Prancis juga akan mengintensifkan komunikasi khususnya saat RI memegang Presidensi G20 tahun depan. Sementara Prancis akan menjabat sebagai Presidensi Dewan Uni Eropa pada paruh pertama 2022.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement