Sambut Nataru, Ganjil Genap Berlaku di 4 Ruas Tol Mulai 20 Desember

Ameidyo Daud Nasution
1 Desember 2021, 14:15
ganjil genap, jalan tol, natal tahun baru
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Kendaraan arah Jakarta (lajur kiri) melintas di jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (19/5/2021). Polda Metro Jaya menyatakan pada Rabu 19 Mei 2021 baru sekitar 22 ribu dari total 1,5 juta pemudik yang kembali ke Jabodetabek usai merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

Pemerintah akan memberlakukan ganjil genap di empat ruas tol pada liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi lonjakan mobilitas dalam masa libur akhir tahun tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan empat ruas tol dengan kebijakan ganjil genap adalah Tangerang-Merak, Bogor-Ciawi-Cigombong, Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Cikampek-Padalarang. Kebijakan ini akan berlaku 20 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

“Biasanya kalau diterapkan ganjil-genap, pergerakan bisa turun sampai 30%,” kata Budi saat rapat dengan Komisi V Dewan Perwakilan Rakat (DPR) di Jakarta, Rabu (1/12) dikutip dari Antara.

Selain itu, pemerintah akan memberlakukan pembatasan operasi sebesar 50% pada angkutan umum darat. Adapun kapasitas maksimal yang diizinkan hanya 70% dari tempat duduk yang tersedia.

Begitu pula angkutan penyeberangan bisa beroperasi namun dengan kapasitas maksimal 70%. Sedangkan operator transportasi juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

“Kami akan adakan tes acak ketaatan dokumen perlaku perjalanan dan melakukan tes antigen,” ujar Budi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...