Jokowi Pamer Capaian RI Sebagai Negara Level 1 Covid-19 di Dunia

Saat ini otoritas AS telah melabeli 48 negara dengan status level satu penularan Covid-19
Image title
6 Desember 2021, 17:53
covid-19, jokowi, corona
Katadata
Presiden Joko Widodo menghadiri APEC Business Advisory Council secara virtual, Kamis (11/1). Foto: Lukas: Biro Pers Sekretariat Presiden

Pemerintah telah menurunkan lonjakan kasus Covid-19 gelombang tiga yang terjadi pada Juni-Juli 2021 lalu. Bahkan, Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia menjadi satu dari lima negara yang sukses mengendalikan virus corona.

Capaian tersebut menunjukkan kemampuan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan dengan bergotong royong.  "Kita telah berhasil menjadi satu dari lima negara di dunia yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 pada level 1," kata Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Kongres Dewan Pengurus Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPP PA GMNI) 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/12).

 Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, pandemi telah memaksa dunia untuk berhenti sejenak. Namun, disrupsi tersebut harus dimanfaatkan menjadi peluang. 

"Tatkala dunia lockdown di mana-mana, kita dengan teliti mengendalikan pandemi dan ekonomi harus digerakkan secara hati-hati," ujar dia.

Advertisement

Capaian ini sempat dipamerkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu. Luhut membandingkan kondisi penularan corona di Indonesia dengan Eropa.

"Indonesia statusnya sudah di level 1, satu-satunya di level 1.  Selandia Baru yang digadang-gadang paling hebat penanganan Covid-nya ada di level 2.  Kita lihat di Eropa, di negara-negara yang katanya hebat itu kasusnya naik," kata Luhut pada Rabu (24/11).

Status Indonesia saat ini menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC)  Amerika Serikat kini berada di level 1.  Sementara negara-negara seperti di Eropa banyak yang berada di level 4.

CDC menerapkan tingkat risiko perjalanan akibat Covid-19  dengan menggunakan empat level kategori.  Beberapa indikatornya yakni jumlah kasus Covid-19 di sebuah negara dalam beberapa hari terakhir dan pelacakan kasus baru virus.  Level empat merupakan yang tertinggi dalam kategori CDC, di atas level tiga (tinggi), dua (moderat), dan satu (rendah).

Adapun hingga berita ini ditulis, ada 48 negara yang masuk dalam daftar level 1 di CDC. Selain Indonesia, daftar tersebut juga memuat India, Bangladesh, Kenya, Jepang, Cina, Pakistan, Timor Leste, hingga Nigeria.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait