Jokowi Pamer Capaian RI Sebagai Negara Level 1 Covid-19 di Dunia

Rizky Alika
6 Desember 2021, 17:53
covid-19, jokowi, corona
Katadata
Presiden Joko Widodo menghadiri APEC Business Advisory Council secara virtual, Kamis (11/1). Foto: Lukas: Biro Pers Sekretariat Presiden

Pemerintah telah menurunkan lonjakan kasus Covid-19 gelombang tiga yang terjadi pada Juni-Juli 2021 lalu. Bahkan, Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia menjadi satu dari lima negara yang sukses mengendalikan virus corona.

Capaian tersebut menunjukkan kemampuan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan dengan bergotong royong.  "Kita telah berhasil menjadi satu dari lima negara di dunia yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 pada level 1," kata Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Kongres Dewan Pengurus Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPP PA GMNI) 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/12).

 Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, pandemi telah memaksa dunia untuk berhenti sejenak. Namun, disrupsi tersebut harus dimanfaatkan menjadi peluang. 

"Tatkala dunia lockdown di mana-mana, kita dengan teliti mengendalikan pandemi dan ekonomi harus digerakkan secara hati-hati," ujar dia.

Capaian ini sempat dipamerkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu. Luhut membandingkan kondisi penularan corona di Indonesia dengan Eropa.

"Indonesia statusnya sudah di level 1, satu-satunya di level 1.  Selandia Baru yang digadang-gadang paling hebat penanganan Covid-nya ada di level 2.  Kita lihat di Eropa, di negara-negara yang katanya hebat itu kasusnya naik," kata Luhut pada Rabu (24/11).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...