Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Dimulai Besok, Pakai Vaksin Sinovac

Ameidyo Daud Nasution
13 Desember 2021, 15:24
vaksin, anak, sinovac
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah siswa menerapkan protokol kesehatan mengikuti kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) perdana di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Labu 14 Pagi, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin, (30/8/2021).

Pemerintah akan memulai vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun pada Selasa (14/12). Targetnya, ada 26,5 juta anak yang akan menerima suntikan vaksin virus corona.

Pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6 sampai 11 tahun ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo. Adapun merek vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

“Kami harapkan  pada Selasa (14/12) sudah kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan,” kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangan tertulis Kementerian Kesehatan yang dikutip pada Senin (13/12).

Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi, kabupaten, serta kota dengan cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan lansia di atas 60%. Sampai saat ini sudah ada 8,8 juta jiwa penduduk 106 kabupaten/kota di 11 provinsi yang memenuhi kriteria.

Daerah tersebut berada di Banten, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Bali, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara.

Saat ini Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) telah memberikan rekomendasi vaksinasi anak. Adapun stok Sinovac yang akan digunakan mencapai 6,4 juta dosis hingga akhir tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...