Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Dimulai Besok, Pakai Vaksin Sinovac

Pemberian vaksin ini akan menyasar 26 juta anak. Tahap pertama akan dilakukan di daerah dengan cakupan vaksinasi yang memadai
Ameidyo Daud Nasution
13 Desember 2021, 15:24
vaksin, anak, sinovac
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah siswa menerapkan protokol kesehatan mengikuti kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) perdana di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Labu 14 Pagi, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin, (30/8/2021).

Pemerintah akan memulai vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun pada Selasa (14/12). Targetnya, ada 26,5 juta anak yang akan menerima suntikan vaksin virus corona.

Pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6 sampai 11 tahun ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo. Adapun merek vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

“Kami harapkan  pada Selasa (14/12) sudah kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan,” kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangan tertulis Kementerian Kesehatan yang dikutip pada Senin (13/12).

 

Advertisement

Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi, kabupaten, serta kota dengan cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan lansia di atas 60%. Sampai saat ini sudah ada 8,8 juta jiwa penduduk 106 kabupaten/kota di 11 provinsi yang memenuhi kriteria.

Daerah tersebut berada di Banten, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Bali, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara.

Saat ini Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) telah memberikan rekomendasi vaksinasi anak. Adapun stok Sinovac yang akan digunakan mencapai 6,4 juta dosis hingga akhir tahun.

“Akan ada tambahan vaksin Sinovac dari Ditjen Farmasi dan Alat Kesehatan,s ehingga stok tidak akan putus,” kata Maxi.

Sedangkan tempat pelaksanaan vaksinasi dilakukan di Puskesmas, rumah sakit, atau fasilitas pelayanan kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta. “Termasuk di pos pelayanan sekolah atau satuan pendidikan lainnya atau lembaga kesejahteraan sosial anak seperti panti asuhan,” katanya.

Dimulainya vaksinasi pada besok berarti lebih cepat 10 hari dari target sebelumnya yakni 24 Desember. Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan bahwa secara keseluruhan pemerintah mengalokasikan sekitar 60 juta dosis lebih vaksin Covid-19 untuk menyasar kelompok usia anak.

"Vaksinasi anak akan dilaksanakan tanggal 24 Desember 2021. Vaksin untuk anak akan kami utamakan, kita alokasikan sekitar 58-60 juta dosis dan kami sesuaikan dengan umur anak-anak 6-11 tahun," katanya.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait