Luhut: Semua Pendatang Wajib Karantina, Kurangi Rekomendasi Tak Jelas

Rizky Alika
13 Desember 2021, 20:24
karantina, luhut, covid-19
Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
Menteri Koordinator Luhut Binsar Pandjaitan pada Selasa (1/12) meminta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan fasilitas isolasi untuk pasien Covid-19. Sehingga pasien yang sudah terinfeksi tidak menularkan virus kepada orang lain.

Pemerintah terus mengevaluasi kebijakan ketat untuk mencegah penularan Covid-19 dari luar negeri. Salah satunya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memberikan peringatan agar masyarakat mematuhi ketentuan karantina.

Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas yang khusus membahas karantina demi mencegah masuknya Covid-19. Berdasarkan rapat tersebut, Luhut mengingatkan semua orang untuk menjalankan karantina.

"Jadi sekarang kami batasi supaya karantina-karantina itu jangan terlalu banyak rekomendasi yang tidak jelas," kata Luhut  dalam konferensi pers, Senin (13/12).

Ia mengancam orang yang berniat kabur dari ketentuan isolasi. "Kemarin ada upaya melarikan diri. Kami langsung ceburkan mereka ke karantina terpusat," katanya.

Selain itu status PeduliLindungi pada pelaku perjalanan luar negeri akan menjadi hitam. "Menjadi hitam selama periode karantina," kata Luhut.

Pemerintah tidak ingin usaha keras yang tengah dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 menjadi sia-sia karena terganjal ketidakpatuhan masyarakat. Apalagi, pemerintah mendengar laporan masyarakat terkait penyimpangan karantina.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...