Omicron Masuk RI, Jokowi Minta Warga dan Pejabat Tak ke Luar Negeri

Rizky Alika
16 Desember 2021, 16:26
omicron, jokowi, luar negeri
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo (memberikan arahan saat memimpin rapat terbatas (Ratas) di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/11/2021).

Pemerintah telah mendeteksi kasus pertama Covid-19 varian Omicron. Presiden Joko Widodo pun meminta warga dan pejabat untuk tidak berpergian ke luar negeri.

"Saya minta warga dan pejabat negara untuk menahan diri tidak berpergian ke luar negeri paling tidak sampai situasi mereda," kata Jokowi dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (16/12).

Apalagi situasi pandemi di dalam negeri saat ini sudah mendekati normal. Untuk itu, ia meminta seluruh pihak untuk menjaga situasi di Indonesia tetap baik dari penularan corona.

Mantan Wali Kota Solo itu meminta, kasus aktif tetap dipertahankan rendah serta tingkat penularan dipertahankan di bawah satu. "Jangan sampai melonjak lagi," ujar dia.

Ia menilai, kehadiran Omicron tidak bisa dihindari lantaran varian tersebut memiliki karakter menular dengan cepat. Untuk itu, perlu upaya bersama agar Omicron tidak meluas di Tanah Air. "Jangan sampai terjadi penularan lokal," katanya.

Sebagai catatan, Indonesia menjadi negara ke-78 yang mengumumkan kasus Omicron. Jumlah negara yang melaporkan kasus  varian tersebut melonjak drastis dibandingkan yang tercatat pada tanggal 1 Desember 2021.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...