Jokowi Minta Masyarakat Segera Vaksinasi demi Cegah Terkena Omicron

Rizky Alika
16 Desember 2021, 17:45
jokowi, vaksin, omicron
Sekretariat kabinet/twitter
Presiden Joko Widodo saat memberikan pengarahan kepada Komisaris dan Direksi PT Pertamina dan PT PLN, 16 November 2021

Presiden Joko Widodo meminta masyarakat segera menerima vaksin demi mencegah penularan Omicron. Hal ini lantaran varian Covid-19 tersebut belum menunjukkan karakter yang membahayakan terutama bagi pasien yang menerima vaksin.

Pemerintah telah mengumumkan kasus pertama varian Omicron pada hari ini. Oleh sebab itu Jokowi mengajak masyarakat berbondong-bondong datang ke fasilitas kesehatan untuk menerima suntikan kekebalan.

 "Saya minta semua warga baik yang belum dua kali vaksin maupun sama sekali belum segera datang ke faskes untuk mendapatkan vaksin," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12).

Terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa Jokowi memerintahkan vaksinasi corona dipacu. Apalagi masih ada ketimpangan vaksin di wilayah Indonesia Timur. 

"Kepala daerah, Pangdam, dan Kapolda semakin kreatif berinovasi untuk melanjutkan vaksinasi kepada masyarakat yang lokasinya lebih di pelosok," kata  Pratikno di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (16/12).

Jokowi juga menggelar rapat terbatas untuk mempercepat vaksinasi Covid-19. Rapat tersebut turut mengundang pangdam TNI, kapolda, gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia secara daring.

Menurutnya, program vaksinasi tengah menghadapi tantangan lantaran jumlah orang yang belum disuntik semakin sedikit. Selain itu, masyarakat yang belum divaksin lokasinya semakin berada di pinggiran.

Selain itu, ada tantangan cuaca yang semakin berat di daerah pinggiran. Oleh karena itu, Kepala Negara meminta pemerintah daerah dan aparat untuk berinovasi dengan cara kreatif guna menjangkau masyarakat di pelosok.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...